Di Kota Salatiga, Ada 10 Berkas Pelamar CPNS yang Rusak saat Terkirim

Pansel CPNS Kota Salatiga mewanti-wanti untuk berhati-hati saat mengunggah berkas persyaratan.

Di Kota Salatiga, Ada 10 Berkas Pelamar CPNS yang Rusak saat Terkirim
Tribunnews.com
CPNS 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Panitia Seleksi (Pansel) Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Salatiga Tahun 2018 mewanti-wanti kepada para calon pendaftar untuk berhati-hati dalam mengunggah atau memasukkan seluruh berkas syarat melalui sscn.bkn.go.id.

“Kami sangat mewanti-wanti ini. Dari laporan yang kami terima dari panitia pusat, ada sekitar 10 berkas pelamar (pendaftar) yang dinyatakan file corrupt –rusak, tidak bisa dibuka, atau ditampilkan-- ,” kata Ketua Pansel Penerimaan CPNS Kota Salatiga Tahun 2018 Fakruroji kepada Tribunjateng.com, Kamis (11/10/2018).

Dan menurutnya, dalam kaitan inilah pentingnya mencantumkan identitas diri khususnya alamat serta nomor telepon yang aktif.

Ketika ada laporan dari pusat, pihaknya secara langsung pula menindaklanjutinya yakni melalui menghubungi pendaftar dimana filenya dinyatakan corrupt tersebut.

“Tadi sudah langsung kami tindaklanjuti agar calon pendaftar tersebut untuk bisa cek ulang seluruh berkas yang dikirim ke sscn.bkn.go.id. Dan coba dikirim ulang. Apabila ada kendala, tolong segera sampaikan kepada kami melalui Facebook Pages Bkdiklatda atau email cpns@salatiga.go.id,” pintanya.

Baca: Tingkatkan Literasi, Mahasiswa KPI IAIN Salatiga Harus Contoh Wartawan Perang Dunia I

Tetapi, lanjutnya, untuk berkas-berkas persyaratan secara manual atau melalui PT Pos Indonesia yang ditujukan kepada Wali Kota Salatiga atas nama Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kota Salatiga 2018 tersebut sejauh ini tidak ada masalah.

“Untuk berkas-berkas fisiknya tidak ada masalah dan ini masih dalam tahap verifikasi oleh tim kami. File corrupt selama ini memang kerapkali terjadi, terlebih di 3-5 hari jelang penutupan masa pendaftaran CPNS. Bisa pula terjadi karena jaringan internet yang kurang stabil sehingga file tidak terkirim sempurna,” tukasnya.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKDiklatda) Kota Salatiga Muthoin menambahkan, kepada masyarakat yang belum mendaftar diharapkan untuk dapat segera mendaftar.

Jangan sampai mepet di detik-detik masa penutupan.

“Kami khawatirkan server sscn.bkn.go.id bisa down karena banyaknya pelamar yang masuk ke server. Meskipun sebenarnya pada akhir September 2018 lalu sudah diupgdrading jalur servernya. Tetapi sebagai antisipasi saja dan belum bisa jadi jaminan tidak ada masalah,” tuturnya.

Karena itu, pintanya, kondisi kemungkinan-kemungkinan terburuk perlu diantisipasi sejak dini dan menjadi perhatian.

Disarankan yang belum upload atau masih ada file yang kurang, dapat segera melakukannya. Jangan menunggu terlalu lama.

“File corrupt ini hampir terjadi di semua daerah atau instansi yang membuka penerimaan CPNS di tahun ini. Untuk memantapkan diri, pelamar atau pendaftar kami harapkan juga dapat mengecek kembali. Memastikan diri, file dokumen syarat sudah aman atau belum,” beber Muthoin. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved