Dies Natalis Perikanan Undip ke 50, akan Pecahkan Rekor Muri dan Hiburan Artis Ibukota

Dies Natalis Perikanan Undip ke 50, akan Pecahkan Rekor Muri dan Hiburan Artis Ibukota, catat tanggalnya!

Dies Natalis Perikanan Undip ke 50, akan Pecahkan Rekor Muri dan Hiburan Artis Ibukota
tribunjateng/alaqsha gilang
Ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Ir. Herry Boesono, M.Pi menjelaskan tentang konsep Pemecahan Rekor MURI Pengasapan ikan Cakalang pertama dengan Asap Cair di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip pada Kamis (11/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng , Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Undip akan memecahkan Rekor MURI Pengasapan Ikan Cakalang Pertama dengan Asap Cair di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip pada Sabtu (13/10/2018). Kegiatan ini merupakan satu diantara serangkaian kegiatan untuk memperingati Dies Natalis Perikanan Undip ke 50.

Hal ini disampaikan oleh ketua Panitia Dies Natalis, Dr. Ir. Herry Boesono, M.Pi yang didampingi oleh alumni Perikanan Undip diantaranya Dr. Fajar Basuki dan Widodo Farid Makhruf di gedung C Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FKIP) Undip pada Kamis (11/10/2018).

Ikan Cakalang merupakan sejenis ikan Tuna dan banyak ditemukan di lautan Ambon. Ikan ini mengandung histamin tinggi yang merupakan satu diantara komponen kimia yang menyebabkan alergi. Tetapi dengan pengasapan cair, ikan cakalang ini akan menjadi aman.

"Asap cair tidak mengandung racun dan sesuai standar kesehatan. Zat-zat yang berbahaya akan menjadi aman jika diberi asap cair. Tidak banyak senyawa kimia seperti ini," ujar Widodo Farid Makruf, Ketua Dewan Penasehat Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu).

Dia menjelaskan, ikan yang disediakan sebanyak 300 ikan dan akan dijejer sepanjang 50 meter. Berat keseluruhan ikan mencapai 200 kg.

"Hal Ini akan memecahkan rekor MURI pertama di Indonesia karena sebelumnya belum pernah ada," bebernya.

Setelah itu, akan ada Gerakan Memasak ikan Cakalang (GEMILANG) dan penyerahan penghargaan Kerapu Award.

"Penyerahan Kerapu Award Untuk Dosen atau orang yang telah berjasa dalam penangkapan, Budidaya, Pengelolaan Hasil Perikanan, dan Konservasi Ikan Cakalang," terangnya.

Terkahir, acara Dies Natalis akan ditutup dengan malam Gebyar Kerapu yang akan dimeriahkan oleh artis ibukota antara lain D'Bagindas, Tiwi T2, Tommy Kurniawan, Said Bajuri, Irfan & Herman "Seventeen". (*)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved