Ingin Ikut Lelang Mobil, Tanah, Rumah, Sepeda Motor di DJKN? Begini Caranya

Setiap orang dapat mengikuti lelang yang ditawarkan, dengan terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat telah ditetapkan.

Ingin Ikut Lelang Mobil, Tanah, Rumah, Sepeda Motor di DJKN? Begini Caranya
Tribun Jateng/ M Nur Huda
Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY, Tavianto Noegroho (tiga dari kiri) saat berbincang  dengan Pemimpin Redaksi Tribun Jateng Cecep Burdansyah (dua dari kiri) dan Pemimpin Perusahaan Heru Budi Kuncara (paling kiri), di kantor Redaksi Tribun Jateng, Kamis (11/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Sebagai bentuk dukungan terhadap keterbukaan informasi publik, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, telah mengembangkan sistem lelang secara online.

Sistem lelang ini dapat diakses melalui https://www.lelangdjkn.kemenkeu.go.id.

Setiap orang dapat mengikuti lelang yang ditawarkan, dengan terlebih dahulu memenuhi syarat-syarat telah ditetapkan.

Semisal menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pendaftaran Wajip Pajak (NPWP), dan lainnya.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY, Tavianto Noegroho mengungkapkan, barang-barang yang dilelang adalah aset negara yang telah dilakukan pembebasan aset.

“Ini sifatnya terbuka dan bentuk keterbukaan informasi publik. Sehingga tidak ada lagi main belakang atau bawah meja, semua orang dapat memantau,” kata Tavianto saat berkunjung ke Kantor Redaksi Tribun Jateng, didampingi sejumlah stafnya, Kamis (11/10/2018).

Sejumlah barang yang dilelang, semisal sepeda motor, mobil dinas, tanah, rumah, alat-alat perlengkapan kantor, dan barang-barang lain yang dimiliki oleh negara. Harga yang ditawarkan pun, terbilang jauh lebih murah dibanding harga di pasaran.

Namun, lanjutnya, sistem lelang ini bersifat tertutup, sehingga antarpeserta lelang tidak dapat mengetahui berapa angka yang ditawarkan. Sistem aplikasi yang ad akan melihat angka penawaran, dan yang tertinggi akan menjadi pemenang.

Sistem lelang secara online ini, sudah berjalan cukup lama. Namun, saat ini telah diperbarui tampilan dan pengelolaannya agar lebih menarik dan memudahkan masyarakat. Jika dahulu bernama lelang DJKN, kini telah diubah menjadi Lelang Indonesia.

Adapun, pada kunjungannya ke Tribun Jateng, adalah untuk menjalin kerjasama di bidang publikasi. Diharapkan, setiap program maupun informasi dari Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY yang sekiranya perlu diketahui oleh masyarakat dapat disiarkan secara luas.

Kehadiran rombongan dari pimpinan Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY ini, diterima langsung oleh Pemimpin Redaksi Tribun Jateng Cecep Burdansyah dan Pemimpin Perusahaan Heru Budi Kuncara.

Heru Budi Kuncara menyambut baik kunjungan tersebut, dan diharapkan kedua pihak dapat menjalin komunikasi dan kerjasama berkelanjutan.(*)

Penulis: m nur huda
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved