Begini Suasana Gladi Bersih Peringatan Pertempuran Lima Hari di Tugu Muda Semarang

Masyarakat bisa menonton di sekitaran Tugu Muda dan disuguhkan dengan pertunjukan drama.

Begini Suasana Gladi Bersih Peringatan Pertempuran Lima Hari di Tugu Muda Semarang
Tribun Jateng/ Reza Gustav
Anak-anak muda memainkan pertunjukan drama yang menggambarkan situasi Pertempuran Lima Hari di Kota Semarang saat Gladi Bersih Upacara Peringatan Pertempuran Lima Hari di Tugu Muda, Kota Semarang, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pada 14-20 Oktober 1945, merupakan tanggal terjadinya pertempuran sengit antara pemuda Kota Semarang dengan penjajah Jepang yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari.

Sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menyelenggarakan upacara peringatan Pertempuran Lima Hari, di Bundaran Tugu Muda Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (14/10/2018) besok malam.

Gladi bersih pun dilaksanakan pada malam ini, Sabtu (13/10/2018).

Tampak antusiasme ratusan warga yang turut hadir dalam Gladi Bersih itu.

Riko Febrianto (25), salah satu warga yang menonton Gladi Bersih, mengatakan bahwa dirinya tak sabar merasakan suasana saat pelaksanaan upacara besok.

“Gladi Bersihnya saja sudah tegang dan mengharukan, apalagi waktu pelaksanaan acaranya,” ujarnya kepada Tribunjateng.com usai Gladi Bersih.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Tommy Yarmawan Said mengatakan, bahwa persiapan telah matang semua pihak terkait telah siap melaksanakan upacara dengan maksimal.

“Kami harap masyarakat bisa mengerti arti dari Pertempuran Lima Hari ini. Karena sangat banyak para pemuda atau pahlawan yang gugur sewaktu melawan Jepang,” tutur Tommy yang juga merupakan seorang Kepala Dinas Sosial Kota Semarang itu.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat bahwa selama Gladi Bersih dan Upacara berlangsung, sejumlah titik jalan di sekitar Kawasan Tugu Muda akan ditutup.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved