Panitia Seleksi JPT Pratama Kabupaten Pati Gunakan Sistem Assessment Center Uji Kompetensi

17 pelamar tiga pimpinan OPD yang kosong di Pemkab Pati mengikuti uji kompetensi di UNS.

Panitia Seleksi JPT Pratama Kabupaten Pati Gunakan Sistem Assessment Center Uji Kompetensi
Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kabupaten Pati 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Lita Febriani

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kabupaten Pati akan gunakan sistem assessment center.

Terkait dengan metode atau sistem yang dipergunakan dalam proses seleksi ini, Sudarsono, panitia lokal uji kompetensi dari LPPM UNS mengungkapkan bahwa pihaknya menggunakan sistem assessment center.

Assessment center sendiri nantinya akan menggambarkan kompetensi dari tiap pelamar secara utuh mulai dari kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, serta kompetensi di bidang yang diinginkan.

"Yang mana dengan menggunakan sistem tersebut, dapat menggambarkan kompetensi dari masing - masing pelamar secara utuh. Mulai dari kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, serta kompetensi di bidang yang diinginkan," jelas Sudarsono pada Sabtu (13/10/2018).

Baca: TNI dan Polri Bersinergi Bangun Jalan Tembus 550 Meter Dukuh Gajah Desa Pati

Untuk materi sendiri yang diujikan yaitu psikometri, In basket, discusion, presentasi, tes kompetensi bidang dan sosial kultural, serta tak ketinggalan wawancara.

Sejak Rabu (10/10/2018), 17 pelamar tiga pimpinan OPD yang kosong di Pemkab Pati mengikuti uji kompetensi di UNS INN dengan menggunakan metode atau sistem assessment center.

Sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia seleksi terbuka JPT Pratama, usai lolos seleksi administrasi, mulai tanggal 10 -12 Oktober 2018, 17 pelamar dari 3 formasi yaitu sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati, mengikuti kegiatan uji kompetensi di UNS INN Surakarta.

Dalam melakukan proses seleksi terbuka ini, panitia dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Pati (BKPP), menggandeng LPPM UNS untuk partisipasi di proses tersebut.

Sudarsono menjelaskan pelaksanaan uji kompetensi kali ini peserta yang mengikuti sejumlah 17 orang, di mana 13 peserta adalah laki - laki, dan 4 peserta lainnya adalah perempuan.

"Mereka yang nantinya akan mengisi kursi sebagai Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati," tutup Sudarsono. (*)

Penulis: Lita Febriani
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved