Liputan Khusus

Menelusuri Startup Lokal Berbasis Teknologi di Kota Semarang Yang Terus Menggeliat

Sudah hampir dua tahun Mifachtur Robani mendirikan startup bernama Lindungi Hutan.Com. Kini, pengguna aplikasinya telah mencapai 3.112 user.

Menelusuri Startup Lokal Berbasis Teknologi di Kota Semarang Yang Terus Menggeliat
tribunjateng/m zainal arifin
Startup jaringan rumah usaha 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Sudah hampir dua tahun Mifachtur Robani mendirikan startup bernama Lindungi Hutan.Com. Kini, pengguna aplikasinya telah mencapai 3.112 user.

Lindungi Hutan.Com merupakan satu startup lokal Semarang berbasis teknologi yang tumbuh bersamaan dengan tren digitalisasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi pun banyak melahirkan peluang bisnis baru startup di bidang itu.

Ben, sapaannya, yang juga merupakan ketua pengurus Semarang Startup itu mengatakan, kelibihan dari aplikasi miliknya yaitu user bisa mengupdate perkembangan pohon. Sehingga, mereka bisa mengetahui tingkat keberhasilan penanaman.

Saat ini, jumlah tim Lindungi Hutan.Com sebanyak 12 orang dengan tiga founder. Pihaknya juga telah memiliki sekitar 1.000 relawan yang tersebar di 62 daerah di Indonesia.

“Kalau untuk relawan, mereka adalah perwakilan kami di daerah, yang membantu kami kalau ada proyek luar kota,” ujar pria berjenggot itu, kepada Tribun Jateng, akhir pekan lalu.

Awal mula dirinya terjun ke dunia starup karena kecintaannya terhadap lingkungan. Tetapi, ia ingin ikut berperan melestarikan alam dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Baginya, apa yang dilakukan sekarang tidak melulu soal rupiah tetapi juga kepentingan sosial.

“Mentor bilang membangun startup menghabiskan uang, tenaga, waktu ketemu keluarga, dan kesempatan kerja. Tapi terlanjur

suka, dan banyak manfaat yang saya rasakan, bisa ketemu orang baik dan jaringan baru. Ada kepuasan tersendiri,” katanya.

Dulu, untuk menghidupi diri dan startup miliknya, Ben bekerja sebagai admin di Universitas Dipenogoro (Undip). Sejak Maret 2018, Ben mulai fokus dan menjadikan starup sebagai pekerjaan satu-satunya.

Halaman
123
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved