30 OPD Kabupaten Jepara Ikuti Pertemuan Forum Germas

Sejumlah 30 peserta ikuti Forum Germas di Aula Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kab Jepara, Selasa (16/10/2018)

30 OPD Kabupaten Jepara Ikuti Pertemuan Forum Germas
Tribunjateng.com/Bare Kingkin Kinamu
Staf Promkes Dinkes Jateng, Sri Romdhonah saat memberikan materi di pertemuan Forum Germas di Jepara pukul 09.00 WIB, Selasa (16/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Sejumlah 30 peserta ikuti Forum Germas di Aula Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Kab Jepara, Selasa (16/10/2018).

Peserta tersebut terdiri dari OPD dan Organisasi Profesi (Orprov).

Dinas Kesehatan Kab Jepara mengadakan pertemuan ini untuk melaksanakan Germas sesuai dengan tugas pada tiap-tiap masing OPD dan menularkan perilaku hidup sehat.

"Ke depannya semua OPD benar-benar mengaplikasikan Germas sesuai dengan tupoksi," jelas Kabid Kesmas Dinkes Jepara, Adi Bintoro saat membuka acara.

Pengisi materi dalam kegiatan ini yakni staf Promkes Dinkes Jateng, Sri Romdhonah S.Km dan dari Dinkes Jepara.

"Di pertemuan ini nanti kita juga akan mendiskusikan hal-hal yang menjadi saran ataupun lainnya terkait Germas," jelas Adi Bintoro.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan suatu gerakan untuk mencegah penyakit.

Dari Dinkes Jateng dalam kesempatan ini menjelaskan mengenai regulasi Germas, cara sosialisasi Germas, hingga mengenai evaluasi terkait perilaku hidup sehat dalam masyarakat.

"Kita di sini akan melakukan sinkronisasi Germas, Germas harus menjadi aksi nyata," jelas Staf Promkes Dinkes Jateng, Sri Romdhonah saat forum berlangsung.

Lima gerakan Germas tersebut yakni aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan gratis minimal enam bulan sekali, enyahkan asap rokok, dan memberikan ASI eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan.

Kegiatan forum ini merupakan cara preventif yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyakit dan menjadikan perilaku ini sebagai kebiasaan di lingkungan masyarakat. (*)

Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved