Ajak Warga dan ASN Cek DPT, KPU Batang Gelar Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP)

GMHP diikuti oleh ratusan warga dan ASN, serta Ormas maupun Organisasi Keagamaan

Ajak Warga dan ASN Cek DPT, KPU Batang Gelar Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP)
Tribunjateng.com/Dina Indriani
Siti Mahmudah dan Erna Dewi saat menunjukkan pengecekan data pemilih secara online, Rabu (17/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dina Indriani

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menggelar Gerakan Melindungi Hak Pemilih (GMHP) yang berlangsung di Hotel Dewi Ratih, Batang, Rabu (17/10/2018).

GMHP diikuti oleh ratusan warga dan ASN, serta Ormas maupun Organisasi Keagamaan.

Ketua KPU kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan, Pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019 berbeda dengan Pemilu nasional sebelumnya.

Pasalnya antara pemilihan legislatif dan presiden dilakukan terpisah namun pada pelaksanaan Pemilu nasional kali ini dilaksanakan secara serentak yaitu memilih legislatif dan presiden sesuai dengan undang undang pemilu.

"Ada beberapa tantangan bagi penyelanggara Pemilu , pengawas dan peserta pemilu dan pemilih, gerakan GMHP ini di harapkan tidak ada pemilih yang terlewatkan," tuturnya.

Ia juga mengatakan Tahun 2018-2019 KPU mempunyai tugas pokok melindungi hak politik peserta pemilu, sehingga harus melayani semua pemilih yang sudah berhak memilih.

Sementara, untuk jumlah TPS di Kabupaten Batang ada 2522 TPS, dengan DPT 595.491 pemilih tersebut terdiri dari 297.247 pemilih laki-laki dan 298.244 pemilih perempuan yang tersebar di 248 Desa di Kabupaten Batang.

"KPU sudah membuka posko - posko di tingkat kecamatan, desa dan keluarahan untuk menerima pengaduan bagi masyarakat yang sudah memilik hak pilihnya namun belum terdaftar sebagai pemilih," ujarnya

Selain itu dengan digelarnya GMHP ini, sosialisasi pengecekan data pemilih bisa menyeluruh hingga semua lapisan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: dina indriani
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved