Liputan Khusus

Dunia Digital akan Ubah Landscape Bisnis

Seiring perkembangan tersebut, sambungnya, mindset masyarakat juga mulai terbentuk terkait kepraktisan, hemat waktu, harga lebih murah, dan lainnya.

Dunia Digital akan Ubah Landscape Bisnis
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi digital 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pesatnye perkembangan teknologi informasi dan dunia digital akan berpengaruh terhadap dunia bisnis ke depan. Demikian disampaikan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Suharnomo.

"Perkembangan dunia digital begitu luar biasa, itu akan mempengaruhi landscape bisnis,"‎ ucapnya.

Menurut dia, dulunya dalam dunia bisnis ketersediaan tempat atau space menjadi pertimbangan utama. Saat ini, hal itu sudah tak lagi menjadi pertimbangan utama. Persoalan tempat bisa disiasati oleh teknologi dengan 'display digital'.

"Offline tetap penting, tapi bisa disiasati, karena itu kombinasi antara offline dan online tentu tak akan terelakkan," ujarnya.

Seiring perkembangan tersebut, sambungnya, mindset masyarakat juga mulai terbentuk terkait kepraktisan, hemat waktu, harga lebih murah, dan lainnya.

"Sekali lagi, perkembangan teknologi informasi tak bisa dihindari oleh kalangan bisnis, termasuk industri keuangan," tandas Suharnomo.

Ini terbukti dengan munculnya banyak produk finansial teknologi (fintek). Sehingga, ke depan mungkin bank-bank konvensional juga akan mengikuti langkah serupa, yang tak membutuhkan banyak kantor secara fisik serta sumber daya manusia (SDM) yang banyak.

"Namun, pesatnya fintek juga perlu diwaspadai masyarakat, percayakan kepada fintek yang telah terdaftar dan terverifikasi di OJK. Karena fenomenanya, banyak fintek di China yang bertumbangan," ucapnya.

Selain dunia industri keuangan, kemajuan tekonologi informasi harusnya juga bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak lain. Semisal, dunia pariwisata,pertanian, peternakan, dan bisnis lainnya.‎ (*)

Penulis: yayan isro roziki
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved