Gelar Training Safety Riding, Mahasiswa Undip Semarang Jadi Tahu Posisi Berkendara yang Benar

Instruktur memintanya supaya pandangan ke depan, posisi pundak yang rata, dan tangan agak ditekuk.

Gelar Training Safety Riding, Mahasiswa Undip Semarang Jadi Tahu Posisi Berkendara yang Benar
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Muhammad Ghulam Khaqiiqudin (kiri) serius mempraktikkan ilmu posisi mengendarai sepeda motor dari Instruktur Astra Motor di halaman gedung FKM Undip pada Senin (22/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Seorang mahasiswa, Muhammad Ghulam Khaqiiqudin (21) serius mempraktIkkan posisi berkendara sepeda motor yang benar yang dipandu oleh instruktur Astra Motor diikuti oleh puluhan mahasiswa Undip prodi K3 Kesehatan Masyarakat di halaman gedung FKM Undip pada Senin (22/10/2018).

Dia mengikuti setiap petunjuk berkendara dari Instruktur.

Awalnya, instruktur memintanya supaya pandangan ke depan, posisi pundak yang rata, dan tangan agak ditekuk.

Kemudian, Ghulam mempraktekkan duduk ditengah yang benar, posisi kaki sejajar dengan stang, dan lutut menempel sedikit pada pinggang.

"Saya rasa acara ini bagus karena saya jadi tahu cara posisi mengendarai sepeda motor dengan benar," ungkap mahasiswa prodi K3 Kesehatan Masyarakat itu.

Baca: Seminar Nasional OSH FKM Undip di UTC, Generasi Muda Harus Sadar K3 di Era Revolusi Industri

Dia berharap ilmu yang telah diajarkan dapat diterapkan oleh mahasiswa agar bisa berkendara yang benar dan aman.

Dekan FKM Undip Hanifa Maher Denny, PhD mengatakan training safety riding (keselamatan berkendara) menjadi kebutuhan seiring penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi.

"Training bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengendarai sepeda motor dengan prinsip Safety Riding," ujarnya.

Dia berharap mahasiswa dapat memahami pentingnya keselamatan mengendarai sepeda motor sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

Kasi Pendidikan Masyarakat Polda Jawa Tengah, Bero Suprihatin, mengatakan pihaknya ingin etika tata tertib berlalulintas diterapkan di masyarakat agar pengendara bisa selamat dari rumah sampai tujuan.

"Pengguna sepeda motor harap mengecek kelengkapan baik SIM maupun STNK. Kendaraan jangan dirubah bentuknya dan sesuai dengan Agen Tunggal Pemilik Merk (ATPM) agar selamat dalam berkendara,"tuturnya.

Dia berharap mahasiswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas bagi mahasiswa maupun masyarakat terutama diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Dalam Training Safety Riding ini, panitia juga mengajarkan teori mengenai keselamatan berkendara kepada mahasiswa Undip khususnya mahasiswa Undip prodi K3 Kesehatan Masyarakat di Hall D FKM Undip. Event ini terselenggara atas kerjasama prodi S2 Promosi Kesehatan, Bagian K3 FKM Undip, dan Astra Motor.

Training Safety Riding juga menghadirkan narasumber dari kepala bidang pengendalian dan ketertiban Dishub, Danang Kurniawan, dan Big Bike Manager Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto, ST. (*)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: suharno
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved