Jurnal Serigala Loyola

101 Siswa SMA Loyola Semarang Semarakkan Temu Kolese 2018 di Jakarta

SMA Loyola meraih juara 1 stand up comedy, juara 2 tari tradisional serta juara 3 debat bahasa Inggris, Tekol Got Talent, dan acapella.

101 Siswa SMA Loyola Semarang Semarakkan Temu Kolese 2018 di Jakarta
IST
Delegasi Tekol 2018 dari SMA Kolese Loyola Semarang berpose bersama di sela-sela lomba di SMA Kanisius Jakarta 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Sebanyak 101 siswa SMA Kolese Loyola Semarang berpartisipasi dalam event Temu Kolese (Tekol) 2018 yang berlangsung pada 10-13 Oktober di Jakarta.

Mereka terdiri atas peserta lomba olahraga, non-olahraga, dan anggota kepanitiaan.

SMA Loyola satu dari delapan Kolese yang ada di Indonesia.

Kolese merupakan sekolah setingkat SMP dan SMA yang dikelola oleh para Pastor Serikat Yesus.

Ada 8 Kolese di Indonesia, yakni SMA Loyola (Semarang), SMK Pika (Semarang), SMP dan SMA Kanisius (Jakarta), SMA Gonzaga (Jakarta), SMK Mikael (Solo), Seminari Mertoyudan (Magelang), SMA De Britto (Yogyakarta), dan SMA Le Cocq d'Armandville (Nabire-Papua).

Tekol 2018 di SMA Kolese Kanisius Jakarta ini diikuti perwakilan setiap Kolese.

Pertemuan ini mengangkat tema Embracing Diversity: Kita Tidak Sama, Kita Kerjasama, bertujuan untuk berbagi dalam pemikiran, bakat dan keprihatinan sebagai warga negara Indonesia.

Tekol  kali ini juga melibatkan Jaringan Gusdurian untuk berdinamika dan berdialog tentang keberagaman dan toleransi di Indonesia, belajar dari nilai-nilai luhur yang diwariskan Gus Dur.

“Menarik tema yang didiskusikan. Orang tidak akan mempermasalahkan keberagaman ras, suku, dan agama jika setiap pribadi dalam masyarakat melakukan hal baik yang bermanfaat bagi sesama. Inilah pemersatu keberagaman,” komentar Debbie, seorang peserta non-olahraga.

Pertandingan olahraga beregu, seperti sepakbola, voli dan basket digunakan sebagai ajang berkolaborasi untuk menciptakan kerjasama di dalam perbedaan.

Adapun stand up comedy, tari tradisional, debat Bahasa inggris, acapella, dan Tekol Got Talent merupakan lomba non-olahraga yang dipertandingkan antar kolese.

Di event ini, SMA Loyola meraih juara 1 stand up comedy, juara 2 tari tradisional serta juara 3 debat bahasa Inggris, Tekol Got Talent, dan acapella.

“Aku senang sekaligus kaget. Senang karena bisa mengharumkan Loyola. Kaget gara-gara tak menyangka bisa menang karena baru pertama kali ikut stand up. Dari sini juga aku jadi lebih dikenal,” ujar Dipto, juara 1 lomba stand up comedy.

Melalui acara Tekol, dia mengaku senang mendapat teman-teman baru dari kolese lain.

Selain itu banyak pengalaman yang baru yang didapatkannua. (jurnal serigala/yudi)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved