Pemkab Kendal Kenalkan Permainan Tradisional dan Kuliner Khas di Panggung Gembira

Bupati Kendal, Mirna Annisa kenalkan aneka ragam budaya dan kuliner kepada masyarakat luas melalui pesta rakyat Panggung Gembira

Pemkab Kendal Kenalkan Permainan Tradisional dan Kuliner Khas di Panggung Gembira
Tribun Jateng/ Dhian Adi Putranto
Bupati Kendal Mirna Annisa (menggenakan kerudung memberikan saat menaiki panggung gemilang yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta,Indosiar, di alun-alun setempat, Minggu (28/10/2018).  

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Bupati Kendal, Mirna Annisa kenalkan aneka ragam budaya dan kuliner kepada masyarakat luas melalui pesta rakyat Panggung Gembira yang disiarkan Televisi Swasta Indosiar pada Sabtu hingga Minggu (27-28/10) pagi, di alun-alun setempat.

Sebagai kabupaten yang menjadi satu dari beberapa kota penyokong perekonomian di Jawa Tengah, namun masyarakat Indonesia belum banyak mengetahui beranekaragam budaya dan kuliner khas kabupaten Kendal.

Seperti halnya olahraga tradisional masyarakat pantura yakni dagongan. Permainan dagongan saat ini sudah jarang dijumpai dan dimainkan oleh masyarakat.

Permainan ini hampir sama seperti tarik tambang, hanya saja tidak menggunakan tali, melainkan bambu dan cara mainakannya didorong bukan ditarik.

Pada acara itu para artis yang mengisi hiburan tersebut juga diminta untuk memainkan permainan itu. Tentunya hal itu membuat suasana menjadi pecah dan meriah ketika raut muka lucu yang di artis ibu kota asal negeri korea seperti Lee Jeong Hoon dan boy band GTI saat menahan dorongan dari tim lawan.

Tak sampai disitu saja, Kulinernya yang menggoda lidah khas Kendal seperti Soto Momoh,Sate Keong Pecel Semanggi, Sate Sapi Bumbon, dan Dawet Ireng Sukun juga tak lupa dikenalkan oleh Pemkab Kendal.

Mirna pun mengajak para artis yang mengisi panggung hiburan itu untuk mencicipi makanan khas kendal itu.

"Kalau ke jawa tengah lagi jangan lupa mampir ke kendal untuk mencicipi makanan khas Kendal," ujar Mirna.

Presenter acara tersebut, Indra bekti pun mengaku mengakui keenakan dari makanan khas kendal terutama sate sapi bumbon. Ia mengatakan bahwa rasa rempah dari sate tersebut sangat sedap sehingga membuat dirinya ketagihan.

"Ini benar-benar enak bu, enak sekali. ayo Valen (Valentino Jebret) makan ini," ajak Bekti kepada Valen

Selain itu, Para warga kendal pun juga dihibur oleh lantunan lagu dangdut yang dinyanyikan oleh para artis. Namun dari beberapa lagu dangdut yang dinyanyikan oleh para artis, lagu berjudul 'Numpak RX-Kingyang dinyanyikan oleh Sodiq Monata yang paling banyak disoroti oleh masayakat kendal.

Pasalnya masyarakat terbuai dengan lagu tersebut sembari menirukan gerakan yang diperagakan Sodiq Monata. Seperti yang disampaikan oleh Rosidah, warga kaliwungu. Ia mengatakan lagu tersebut sangatlah enak didengar dan gerakannya mudah ditirukan.

"Senang ada hiburan, saya sampai datang pagi pagi sebelum acara dimulai agar kebagian nonton di depan," jelasnya

Dalam acara itu para artis yang mengisi yakni Ridho Rhoma dan Sonet 2 Band, Trio Macam, Uut Permatasari, Ical Dangdut Academi, Lilis Bintang Pantura, Selvy Bintang Pantura dan Eka Bintang Pantura 4, Rita Sugiarto, Sodiq Monata, Dimas Tejo, Tasya Rosmala, Andhika N Diningrat, Lady Gula-Gula. Sedangkan acara dipandu oleh Indra bekti, Lee Jeong Hoon dan Valentino Jebret.(*)

Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved