Fakultas Teknik Undip Berencana Buka Prodi Biomedical Engineering

"Seperti menciptakan water treatment menggunakan membran yang berfungsi merubah air kotor bisa dikonsumsi," ujarnya

Fakultas Teknik Undip Berencana Buka Prodi Biomedical Engineering
Istimewa
Acara Jalan Sehat Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Universitas Dipengoro, Sabtu (27/10). 

Laporan wartawan Tribun Jateng Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Fakultas Teknik Universitas Dipengoro (Undip) Semarang berencana membuka program studi baru yaitu biomedical engineering. Jurusan tersebut penggabungan lintas jurusan antara teknik mesin dan ilmu kedokteran.

Dekan Fakultas Teknik Undip, Ir Muchamad Agung Wibowo MM MSC PhD mengungkapkan, saat ini proposal dibukanya program studi baru biomedical engineering sudah diajukan kepada Universitas. Ditargetkan bisa segera terealisasi tahun ini.

Menurutnya, latar belakang dibukanya prodi baru ini karena sekarang makin banyak penderita penyakit yang ingin merasa nyaman beraktifitas. Rencana ini juga sebagai bentuk inovasi dunia pendidikan mengikuti perubahan serta tuntutan jaman yang terus bergerak dinamis.

Seperti misalnya menciptakan sepatu yang ramah bagi penderita diabetes. Ada juga tangan robot yang tidak lagi statis namun bisa digerak-gerakkan oleh penggunanya.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut membuatnya meras perlu ada prodi khusus yang konsen di bidang itu. Sehingga perlu ada ilmu baru tak terkecuali menggabungkan lintas jurusan.

"Kami lagi bertransformasi menjadi lebih bagus, lebih modern, dan adaptif terhadap kebutuhan di masyarakat," kata Muchamad Agung disela acara Jalan Sehat Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Universitas Dipengoro, Sabtu (27/10).

Di usia yang tidak lagi muda ini, Muchamad Agung menambahkan bahwa cukup banyak prestasi yang telah diraih. Seperti misalnya fakultas teknik menjadi penyumbang lebih dari 50 persen dari total publikasi internasional Universitas Dipengoro.

"Kami terus mendorong agar dosen dan mahasiswa berkolaborasi sehingga topik - topik yang diangkat jauh lebih bagus. Bahkan Undip sekarang ini berada di urutan dua nasional dalam hal publikasi jurnal Internasional," imbuhnya.

Rencana lain yang sedang digarap adalah memperbaharui laboratorium agar lebih update mengikuti perkembangan jaman. Serta terus bekerjasama dengan pelaku industri agar riset yang telah dikerjakan bisa digunakan.

Halaman
12
Penulis: hermawan Endra
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved