Peringati Hari Pangan Sedunia, DKP Boyolali Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan

Berbagai rangkaian kegiatan digelar sangat meriah diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Boyolali.

Peringati Hari Pangan Sedunia, DKP Boyolali Imbau Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan
Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali peringati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38, Rabu (31/10/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Boyolali peringati Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38.

Berbagai rangkaian kegiatan digelar sangat meriah diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Boyolali pada Rabu (31/10/2018) di halaman DKP.

Hal tersebut menjadi langkah DKP Kabupaten Boyolali dalam mewujudkan ketahanan pangan Boyolali sehingga diharapkan mampu mendukung ketahanan pangan nasional.

Kepala DKP Kabupaten Boyolali, Bambang Purwadi menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan hari ini terdiri dari kirab gunungan hasil bumi, gelar teknologi dan bazaar, serta lomba kreasi bekal anak sekolah.

"Kita ingin orang tua memberikan bekal anak sekoah makanan yang sehat serta memberi makanan yang aman dan bergizi untuk keluarga. Mengingat banyak makanan yang berbahaya diluar sana," ujar Bambang.

Baca: Desa Sruni Kecamatan Musuk Jadi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Kabupaten Boyolali

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Suryo Banendro juga mengungkapkan hal senada.

Terlebih pihaknya meminta masyarakat Boyolali untuk dapat lebih memanfaatkan lahan pekarangan yang ada di sekitar rumah.

Salah satunya dengan menanam sayuran atau bahan pangan lokal lainnya.

"Pangan lokal ini yang harus dikembangkan karena potensi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali sangat luar biasa. Dengan gerakan pangan lokal ini mari kita konsumsi apa yang ditanam di pekarangan rumah," jelas Suryo.

Terlebih menurutnya, dengan cara memafaatkan dan mengambil hasil dari pangan lokal yang ditanam di pekarangan, selain bisa untuk konservasi tanah dan air, bisa menghemat pengeluaran keluarga sekitar Rp 5.000 per hari.

Halaman
12
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved