Apa Itu Bundle Care? Mau Tahu? Yuk Simak

Pelaksanaan Bundle Care ini telah terbukti memberikan beberapa manfaat yang efektif dan efisien dalam upaya preventif maupun kuratif.

Apa Itu Bundle Care? Mau Tahu? Yuk Simak
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM - Bundle Care itu sebenarnya sekumpulan intervensi keperawatan lebih dari satu, yang dilakukan bersama dan berkelanjutan berdasarkan Evidence Based Practice untuk mencegah kejadian yang tidak di inginkan.

Biasanya terdiri dari tiga sampai lima intervensi keperawatan yang di kelompokkan bersama berdasarkan intervensi keperawatan mandiri, intervensi keperawatan kolaborasi atau gabungannya.

Pelaksanaan Bundle Care ini telah terbukti memberikan beberapa manfaat yang efektif dan efisien dalam upaya preventif maupun kuratif.

Bundle Care saat ini sudah berkembang dan tidak lagi menjadi hal baru di dunia keperawatan.

Bundle Care yang sering diterapkan di ruang ICU antara lain VAP Bundle Care Program, Pressure Ulcer Bundle Care, Sepsis Bundle Care.

Berdasarkan hasil wawancara pada 6 perawat di ruang ICU menyatakan tidak tahu tentang Bundle Care.

Perawat baru mendengar tentang istilah Bundle Care, tetapi sebenarnya perawat di ruang ICU telah melakukan intervensi-intervensi keperawatan tersebut untuk mencegah terjadinya infeksi pada pasien kritis sesuai dengan prosedur operasional standar di rumah sakit.

Keenam perawat memiliki persepsi yang berbeda tentang intervensi-intervensi apa saja yang termasuk dalam Bundle Care.

Perawat tidak mengetahui bahwa Bundle Care merupakan kumpulan dari beberapa intervensi keperawatan yang dilakukan harus berdasarkan Evidence Based Practice.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar perawat di ruang ICU tidak update pengetahuan tentang Evidence Based Practice.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved