Jangan Lupa, Festival Pangan Lokal di Kabupaten Pati Akan Digelar Hari Ini

Rencananya acara ini akan berlangsung hingga Minggu (4/11/2018), dengan bazar dimeriahkan oleh binaan-binaan OPD.

Jangan Lupa, Festival Pangan Lokal di Kabupaten Pati Akan Digelar Hari Ini
Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati.

Laporan Reporter Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati Jawa Tengah yang dilangsungkan di alun-alun akan digelar hari Sabtu (3/11/2018) ini.

Acara persembahan dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati Jawa Tengah ini berupa rangkaian, mulai dari bazar, aneka lomba dan seminar.

Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pati, Sri Mulyanto menuturkan bahwa satu di antara tujuan acara yaitu untuk memperkenalkan potensi makanan lokal non beras.

"Agar masyarakat tidak ketergantungan beras saja, sebab masih banyak kandungan karbohitrat berasal dari sumber makanan lain seperti jagung, ketela dan umbi-umbian. Jadi potensi makanan kita itu beragam," jelasnya, Kamis (1/11/2018).

Baca: Jangan Lewatkan Festival Pangan Lokal Kabupaten Pati. Ada Pembagian Bubur Kacang Hijau Gratis

Rencananya acara ini akan berlangsung hingga Minggu (4/11/2018), dengan bazar dimeriahkan oleh binaan-binaan OPD.

Menariknya, salah satu lomba yang akan digelar adalah lomba inovasi pangan lokal, jadi bagaimana masyarakat berkompetisi mengolah makanan lokal yang non beras.

"Harapannya nanti hasil makanan dari acara ini dapat menjadi oleh-oleh khas Pati," lanjutnya.

Aneka lomba yang menyasar anak seperti mewarnai gambar untuk tingkat TK dan melengkapi serta mewarnai gambar untuk SD diharapkan bisa menjadi sarana edukasi.

Sehingga anak-anak menjadi lebih tahu bahwa pangan lokal juga banyak di sini, bahkan memiliki banyak kelebihan seperti gizi dan manfaat yang beragam.

Antusiasme yang besar juga ditunjukkan oleh masyarakat terhadap seminar yang akan digelar bekerja sama dengan Bukalapak.

Baca: Kabupaten Pati Harapkan Jadi Sentra Perunggasan untuk Provinsi Jawa Tengah

Dua materi akan dikupas yaitu teknik pemasaran dan smartphone photografi.

Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat dibekali cara mengambil foto dengan smartphone yang hasilnya mampu membuat orang tertarik.

Festival juga dimeriahkan dnegan beragam kegiatan, seperti senam bersama, pembagian bubur kacang hijau gratis, pameran UMKM, aneka lomba dan lainnya. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved