Olahraga Malam Sehatkah?

Olahraga malam selain baik untuk kebugaran juga dirasa paling baik untuk melepas penat setelah bekerja.

Olahraga Malam Sehatkah?
net
Ilustrasi olahraga malam hari. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Wilujeng Puspita Dewi

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Olahraga pada dasarnya sangat baik untuk kebugaran tubuh, baik itu olahraga yang dilakukan pagi, siang, maupun malam hari.

Namun Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Hermina Banyumanik Semarang, Dr Dessy Andriani Sp.PD lebih memilih untuk melakukan olahraga di malam hari.

Ia beralasan, olahraga malam selain baik untuk kebugaran juga dirasa paling baik untuk melepas penat setelah bekerja.

Beberapa sumber menyebutkan, saat melakukan olahraga di pagi hari, tubuh belum banyak memiliki energi yang cukup setelah dipakai untuk tidur.

"Olahraga malam yang sedang digandrungi masyarakat perkotaan saat ini tetap ada untung ruginya. Keuntungan yang bisa didapat di antaranya mampu menghilangkan kepenatan setelah seharian bekerja. Otomatis, perasaan dan pikiran jadi lebih segar, apalagi jika dilakukan secara bersama-sama dan menggembirakan," ungkapnya kepada  Tribun Jateng, Sabtu (27/10/2018).

Baginya, olahraga di malam hari tidak diburu waktu. Orang tersebut bisa lebih fokus melakukan olahraga tanpa memikirkan tugas pekerjaan yang sedang menanti. Adapaun, olahraga malam juga bermanfaat bagi mereka yang sedang menghindari aktivitas negatif. 

"Sehingga karena tenaganya sudah terkuras, orang cenderung akan memilih untuk tidur. Bisa juga menghindari kebiasaan ngemil di malam hari. Jika dilakukan secara rutin, metabolisme tubuh jadi lebih siap sehingga seluruh bagian otot menjadi lentur," jelasnya.

Ada keuntungan tentu ada kerugiannya pula. Menurut Dokter Dessy, menjalani olahraga di malam hari juga mempunyai dampak bagi para pelakunya. Seperti menyebabkan gangguan tidur, karena saat olahraga metabolisme tubuh meningkat.

Terlalu berlebihan melakukan olahraga malam juga berdampak pada hubungan emosional antar anggota keluarga. Menurutnya,  waktu yang harusnya dihabiskan untuk bersama keluarga menjadi berkurang.

Halaman
12
Penulis: Wilujeng Puspita Dewi
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved