Kwarcab Boyolali Gelar Pesta Siaga 2018 untuk Tingkatkan Keterampilan Pramuka Muda

Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Boyolali selenggarakan pesta siaga di Lapangan Desa Klewor, Kecamatan Kemusu

Kwarcab Boyolali Gelar Pesta Siaga 2018 untuk Tingkatkan Keterampilan Pramuka Muda
Istimewa
Pembukaan Pesta Siaga 2018 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Boyolali di Lapangan Desa Klewor, Kecamatan Kemusu, Selasa (6/11/2018). 

 TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Boyolali selenggarakan pesta siaga di Lapangan Desa Klewor, Kecamatan Kemusu, Selasa (6/11/2018).

Pesta Siaga 2018 dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Boyolali Desy Adiwarni M Said Hidayat selaku pembina upacara yang ditandai dengan pemukulan kentongan dan pelepasan burung sebagai tanda gelaran pramuka untuk tingkat SD / MI tersebut dimulai.

Dalam sambutannya, Desy mengatakan bahwa pendidikan kepramukaan merupakan penunjang bagi pendidikan di sekolah maupun dalam lingkungan keluarga.

Antara lain mengenai kedisiplin, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat, dan pembentukan karakter.

Sebagai tingkatan pramuka di Indonesia yang paling muda, pramuka siaga menggunakan pola bermain penuh kegembiraan yang memiliki nilai pendidikan dan kretifitas untuk menamankan nilai nilai positif bagi perkembangan peserta.

“Anggota pramuka golongan siaga biasanya mempunyai sifat suka meniru, berkhayal, suka bermain dan mendengarkan cerita. Oleh sebab itu dalam pembinaan pramuka siaga ini sangat diperlukan seorang pembina pramuka yang dapat memberikan contoh dan tauladan yang baik bagi anak anak,” ungkap istri Wakil Bupati Boyolali ini.

Selain itu, dalam perkembangan global, pembina dituntut untuk serius dalam pembentukan karakter melalui gerakan pramuka baik melalui penyediaan sarana prasarana ataupun menjadikan pendidikan kepramukaan sebagai salah satu indikator penilaian prestasi bagi siswa.

“Pesta siaga juga merupakan wujud pembinaan dan upaya peningkatan persaudaraan, kekeluargaan, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan dari para pramuka siaga, karena pesta siaga ini telah disesuaikan dengan keperluan keinginan, kepentingan dan perkembangan,” ungkapnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana, Suratno mengungkapkan bahwa kegiatan pesta siaga ini untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta dapat mengembangkan diri di lingkungan masyarakat.

“Menanamkan dan mengembangkan jiwa kepemimpinan serta menambah wawasan dan pengetahuan pramuka siaga Kabupaten Boyolali sebagai generasi muda baik di dalam maupun diluar kepramukaan,” jelasnya yang juga menduduki sebagai Camat Kemusu.

Diikuti oleh sekitar 800 peserta siaga utusan dari 19 kwartir ranting di Kabupaten Boyolali dengan masing – masing kwartir ranting mengirimkan dua Barung Putra dan dua Barung Putri. Pesta siaga yang dikemas seperti halnya perlombaan yang selanjutnya akan maju dikirim ke tingkat eks. Karisidenan Surakarta.(*)

Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved