Menikmati Kopi Alt Sembari Melihat Sunset di Kanthil View Semarang

Setiap sudut Kabupaten Semarang memiliki pesona alam yang mengagumkan.

Menikmati Kopi Alt Sembari Melihat Sunset di Kanthil View Semarang
TRIBUN JATENG/SUHARNO
Pengunjung Kanthil View, Dusun Gambang Waluh, Desa Kebonagung, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang, menikmati pemandangan perbukitan, Kamis (1/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Setiap sudut Kabupaten Semarang memiliki pesona alam yang mengagumkan.

Daerah yang memiliki luas 98.200 hektare lengkap mempunyai danau hingga wilayah pegunungan maupun perbukitan, hingga kekayaan hasil bumi.

Hal ini yang bisa dinikmati di Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Khususnya di Desa Kebonagung.

Desa ini memiliki kekayaan alam serta hasil bumi yang melimpah. "Desa kami memiliki sejumlah hasil bumi, seperti ketela, teh, kopi, kacang hingga salak," ujar Kepala Desa Kebonagung, Anak Anung Sambara.

Untuk komoditas yang disebutkannya paling akhir, Anung mengatakan salak di desanya merupakan salak nomor satu di Jawa Tengah.

"Salak desa kami namanya salak sumuh sudah tujuh tahun juara berturut-turut di kontes se-Jawa Tengah. Bahkan tahun ini kami disuruh absen dahulu supaya memberikan kesempatan ke daerah lain," ujarnya sembari tersenyum.

Tidak hanya salak, di Desa Kebonagung juga memiliki kopi yang khas jenis robusta. Sejarah tentang kopi di desa ini juga cukup unik dan panjang sejak zaman kolonial Belanda.

Di awal tahun 1900-an tepatnya tahun 1920, ada keluarga Belanda yang datang ke Dusun Gambang Waluh. Mereka mendirikan tempat tinggal serta pabrik kopi.

"Jadi rumah sama pabrik kopi bersebelahan. Ada 1.000 hektare lahan kopi yang dikelola. Saya lupa nama keluarganya. Kini lahannya sudah dikelola warga," ujar pendamping desa wisata Kebonagung di Dusun Gambang Waluh, Abi Supratman.

Halaman
12
Penulis: suharno
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved