Prevalensi Penderita Diabetes di Jawa Tengah Sebesar 2,1 Persen

Nutrifood bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Persatuan Diabetes

Prevalensi Penderita Diabetes di Jawa Tengah Sebesar 2,1 Persen
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
beberapa orang melakukan cek gula darah yang berlangsung pada event program edukasi Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes, Rabu (7/11) di Hotel Novotel Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Nutrifood bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dinas Kesehatan Kota Semarang, dan Persatuan Diabetes Indonesia (PERSADIA), mengadakan program edukasi Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes, Rabu (7/11) di Hotel Novotel Semarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang yang diwakili oleh dr. Sarwoko Oetomo, MMR, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Semarang mengatakan, Pemerintah menyambut baik program edukasi Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes ini.

"Adapun, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan peningkatan kejadian diabetes dari 6,9% pada 2013 menjadi 8,5% pada 2018. Sementara itu prevalensi diabetes di Jawa Tengah adalah sebesar 2,1%," terang Sarwoko Oetomo, pada Tribunjateng.com, Rabu (7/11/2018).

Lebih lanjut Sarwoko mengemukakan, Pemerintah Kota Semarang mengapresiasi Nutrifood atas komitmennya dalam menginspirasi masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat.

Mengingat prediabetes menyerang baik kelompok usia tua dan kelompok usia muda serta produktif, maka deteksi dini prediabetes melalui fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan menjadi sangat penting.

"Kami menghimbau dokter-dokter puskesmas maupun poliklinik, dan seluruh lapisan masyarakat untuk turut berperan aktif, dalam menggalakkan gerakan deteksi dini prediabetes secara terintegrasi melalui program skrining kesehatan sesuai standar.

Semoga program edukasi ini dapat memberi pengaruh positif dalam mewujudkan masyarakat Semarang yang terhindar dari bahaya penyakit diabetes," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Head of Marketing Nutrifood, Susana mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya mengajak para dokter umum puskesmas, poliklinik dan masyarakat di Kota Semarang untuk mengkampanyekan deteksi dini prediabetes, mengingat resiko penyakit diabetes yang sangat tinggi.

"Seluruh program dijalankan dengan tujuan mengedukasi dan mengadvokasi berbagai pihak agar proaktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved