The Survivor, Robot Pencari Korban Bencana Alam Buatan Siswa Man 1 Solo

Indonesia merupakan negara yang terletak di antara tiga lempengan tektonik. Hal tersebut membuat Indonesia rentan terhadap bencana, terutama gempa bu

The Survivor, Robot Pencari Korban Bencana Alam Buatan Siswa Man 1 Solo
akbar hari mukti
The Survivor 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Indonesia merupakan negara yang terletak di antara tiga lempengan tektonik. Hal tersebut membuat Indonesia rentan terhadap bencana, terutama gempa bumi.

Hal tersebut mengilhami Amadeo Ahnaf dan Salma Sonia Jneina Sagiri, dua siswa kelas 11 IPA di MAN 1 Solo merancang sebuah robot yang dapat membantu tim SAR mencari keberadaan korban bencana alam yang masih hidup.

Robot ini mereka namai The Survivor.

Ditemui Tribun Jateng, Rabu (7/11/2018), mereka berdua yang bergabung di tim ekskul robotik MAN 1 Solo sedang mengecek robot tersebut. Mereka dibimbing oleh pendamping ekskul robotik sekolah setempat, Prihantoro Eko Sulistyo.

Salma menceritakan, seringnya gempa bumi mengguncang Indonesia membuat ia dan rekannya terpanggil untuk membantu tim evakuasi mencari korban gempa.

Terutama mereka yang masih hidup tetapu tak dapat ditemukan tim evakuasi karena terhalang medan yang berat ataupun tertimpa reruntuhan.

"Dari riset kami, korban bencana alam meninggal paling banyak disebabkan pascabencana. Jadi mereka masih hidup, tapi tak kunjung diselamatkan," papar Salma.

Berangkat dari hal tersebut, Salma dan Amadeo terinspirasi dengan membuat sebuah robot yang mempu melewati medan berat untuk menemukan lokasi adanya korban bencana alam yang masih hidup.

"Kami melakukan riset lanjutan dengan membuat sebuah robot, yang mampu mencari korban selamat dengan melewati medan yang berat sekalipun," urainya.

Halaman
123
Penulis: akbar hari mukti
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved