Berikut Arahan Bupati Pati Haryanto Jelang Pilkades Serentak

Sebanyak 61 desa di 20 kecamatan Kabupaten Pati Jawa Tengah akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2018

Berikut Arahan Bupati Pati Haryanto Jelang Pilkades Serentak
TRIBUN JATENG/DWI LAYLATUR ROSYIDAH
Pengarahan Bupati Pati, Haryanto saat Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Ruang Pragolo Setda Pati, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Sebanyak 61 desa di 20 kecamatan Kabupaten Pati Jawa Tengah akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2018 pada 15 Desember 2018.

Bupati Pati, Haryanto menekankan bahwa proses pemilihan perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama proses-proses administrasi.

"Untuk proses administrasi ini harus riil dan diagendakan, jangan sampai tidak didokumentasikan, tidak diformalkan, yang nantinya akan menjadi persoalan dan kendala manakala ada gugatan ke PTUN baik dari pihak lawan ataupun dari pihak yang lain," terangnya saat memberikan pengarahan sekaligus Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) di Ruang Pragolo Setda Pati, Kamis (8/11/2018).

Lebih lanjut, Haryanto menegaskan bahwa bahwa Pilkades Serentak akan ada beberapa tahapan.

"Tahapan-tahapan tersebut juga tidak boleh dilanggar, harus pasti dilalui dan ditepati agar di kemudian hari tidak ada kepala desa terpilih yang cacat hukum," ujar Bupati.

Pelaksanaan pemilihan kepala desa tahun ini, lanjutnya, mengacu pada amanat UU Nomor 6 Tahun 2017 pasal 3 ayat 6, yang mana pemilihan kepala desa dibebankan pada APBD.

Sedangkan untuk ruang lingkup, hak dan kewajiban, tugas dan pelaksanaan pengamanan, menurutnya, akan diatur dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Pada Pilkades kali ini, hibah daerah untuk keamanan Pilkades diserahkan kepada Polres Pati dan Kodim 0718/Pati.

Biaya keamanan Pilkades berjumlah Rp 640 juta dengan rincian untuk Satpol PP Rp 400 juta, Polres Rp 180 juta, dan 0718/Pati Rp 60 juta.

Halaman
12
Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved