Dari Program Alumni Mengajar, Mahasiswa Undip Diharapkan Makin Mantap dengan Pilihannya

Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Undip bersama Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip kembali menggelar Alumni Mengajar

Dari Program Alumni Mengajar, Mahasiswa Undip Diharapkan Makin Mantap dengan Pilihannya
ISTIMEWA
Suasana Program Alumni Mengajar III di Auditorium FPIK Undip Kampus Tembalang Kota Semarang, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Deni Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni (KHA) Universitas Diponegoro (Undip) bersama Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip kembali menggelar Alumni Mengajar, Kamis (8/11/2018).

Alumni mengajar adalah kegiatan yang ketiga kalinya.

Sesuai data dan keterangan yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (8/11/2018), kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip Kampus Tembalang Kota Semarang.

Adapun alumni Undip yang dihadirkan adalah Abdul Kadir Kanding, Agustina Wilujeng, dan Heddy Lugito.

“Pada Alumni Mengajar III Undip ini, tema yang kami usung adalah tentang peluang kerja dan bisnis di era milenial. Dan sesuatu tujuan sejak awal program itu, para alumni dihadirkan untuk berbagi pengalaman serta kisah suksesnya dalam meniti (merintis) karir di tiap bidang mereka,” kata Direktur KHA Undip Drs Mujid F Amin.

 Kepada Tribunjateng.com, Kamis (8/11/2018), Mujid menyampaikan, dari apa yang dipaparkan para alumni tersebut setidaknya pula dapat memotivasi serta memberikan gambaran bagaimana atau apa yang harus dilakukan para mahasiswa agar bisa menjadi sukses kelak seusai lulus sebagai mahasiswa Undip.

“Tadi kegiatan itu dihadiri sekitar 300 mahasiswa dari berbagai fakultas yang ada di kampus ini. Secara umum pula, kami bertujuan mereka tak sekadar menjadi pegawai di suatu institusi baik pemerintah maupun swasta. Tetapi juga mereka bisa termotivasi untuk berwirausaha, sukses menciptakan peluang kerja kelak,” tandasnya.

Sementara itu Wakil Rektor III Undip Budi Setiyono dalam sambutannya menyampaikan, Undip merupakan universitas yang ditunjuk Pemerintah Pusat untuk dapat menjadi sebuah perguruan tinggi negeri (PTN) yang mandiri serta sebagai PTN Berbadan Hukum sepenuhnya.

“Apabila kami klasifikasikan, di Undip ini, mahasiswa terbagi menjadi 2 kelompok. Yakni mahasiswa sebagai jobseeker dan entrepreneur (mandiri). Kedua kelompok itu pun senantiasa kami fasilitasi dimana agar mereka semua bisa sukses pada pilihannya,” ucap Budi.

Dia menginformasi, untuk mahasiswa sebagai jobseeker, secara rutin Undip menggelar job fair yang dikomandani melalui Undip Career Center.

Sedangkan yang ingin menjadi entrepreneur, berjiwa kewirausahaan, difasilitasi melalui Undip Community Business.

“Itu mengapa kami senang dan apresiasi melalui program Alumni Mengajar yang telah rutin digelar. Setidaknya dari mereka, dapat memastikan serta memantapkan para mahasiswa –adik angkatan mereka—dalam mengambil suatu pilihan di masa mendatang. Serta memberikan pembekalan kepada para mahasiswa,” terangnya. (*)

Penulis: deni setiawan
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved