Fakultas Teknik Undip Donasikan Hasil Riset ke Stakeholder yang Membutuhkan

Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyerahkan hasil riset kepada stakeholder yang memerlukan.

Fakultas Teknik Undip Donasikan Hasil Riset ke Stakeholder yang Membutuhkan
ISTIMEWA
Pameran hasil riset Fakultas Teknik Undip di Gedung Prof Soedarto SH, Minggu (4/11). Acara dalam rangka Dies Natalis ke-60 Fakultas Teknik Undip ini mengusung tema riset dan teknologi untuk kesejahteraan rakyat. 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Pihak Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang menyerahkan hasil riset kepada stakeholder yang memerlukan.

Upaya ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan kampus dalam berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakat.

"Ini adalah niatan kami ingin membuktikan bahwa dosen dalam melakukan riset penelitian tidak asyik sendiri tanpa melihat problem di masyarakat. Hasil riset harus berguna dan dapat dimanfaatkan secara nyata," kata Dekan Fakultas Teknik Undip, Ir Mochamad Agung Wibowo MM, MSC PhD, Rabu (7/11).

Beberapa hasil riset tersebut antara lain produk pengering gabah kapasitas 1 ton dari Dosen Teknik Kimia Undip, Prof M. Djaeni.

Diberikan kepada kelompok tani asal Demak.

Kemudian ada juga kajian studi tentang penanganan rob dan banjir di kota Semarang dari Dosen Teknik Sipil diberikan kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk Kota Semarang.

Hasil riset yang diserahkan selanjutnya adalah water treatment untuk mengubah air kotor menjadi layak konsumsi.

Hasil karya Dosen Undip, I Nyoman Widiasa itu diberikan kepada PT PP Properti, Proyek Alton Tower.

"Bekerjasama dengan PT PP Properti sepakat hasil riset dosen akan dipakai di sana dengan maksud sebagai laboraturium bagi mahasiswa, untuk topik Green Building. Ada juga riset keramik dari Bu Erni yang mempu meredam suara, serta flayslab hasil dari alumni agar lantai tidak dicor tapi seperti lego sehigga lebih cepat dan mengurangi waste," ujarnya.

Mochamad Agung Wibowo MM, MSC PhD, menambahkan, kerjasama dengan PT PP Properti selaku pengembang Alton Tower diharapkan bisa sebagai percontohan atau laboratorium, untuk kajian Green Building, bagi mahasiswa.

Mereka bisa melihat gedung yang efisen dan mengacu pada inovasi.

Dijelaskannya bahwa penyerahan hasil riset kepada stakeholder sudah sering dilakukan.

Hanya saja kali ini momentumnya disaksikan oleh mahasiswa baru saat acara puncak Dies Fakultas Teknik ke 60 tahun supaya mereka termotivasi untuk melanjutkan dengan melakukan berbagai penelitian dan menciptakan riset yang bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

"Kami juga menyerahkan tangan robot kepada ikatan penderita ortopedis komunitas berkebutuhan khusus. Tangan robot itu adalah hasil karya Dosen Teknik Mesin Undip Rifky Ismail," pungkasnya.(*)

Penulis: hermawan Endra
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved