Pemkab Kendal Ingin Tingkatkan Predikat Kota Layak Anak Pratama Menuju Madya

Pemkab Kendal berupaya meningkatakan predikat Kota Layak Anak Pratama menjadi Madya.

Laporan wartawan Tribun Jateng, Dhian Adi Putranto

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Setelah mendapatkan predikat Kota Layak Anak Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Pemkab Kendal berupaya meningkatakan predikat Kota Layak Anak Pratama menjadi Madya.

Hal itu dilakukan agar seluruh fasilitas umum, pendidikan maupun kesehatan di Kabupaten Kendal menjadi ramah saat digunakan masyarakat terutama anak-anak.

Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2PA) Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Muhammad Mufid mengatakan untuk mewujudkan itu, pihaknya akan mendorong fasilitas pada puskesmas dan fasilitas di sekolah.

Tujuannya agar menggunakan peralatan yang ramah digunakan anak.

"Nantinya yang akan kami tunjuk untuk menjadi proyek percontohan bagi puskesmas dan sekolah lainnya yakni Puskesmas Rowosari 2 dan Puskesmas Pageruyung, SMP Negeri 2 Kendal dan SMP Negeri 1 Weleri," jelasnya pada Sosialisasi Puskesmas dan Sekolah Ramah Anak yang dilakukan di bekas Gedung Korpri Kendal, Kamis (08/11/2018)

Pihaknya juga telah mengajak puskesmas dan sekolah yang ditujuk melakukan studi banding di puskesmas dan sekolah yang masuk kategori ramah anak di kota Magelang. Hal ini dikarenakan kota Magelang telah mendapatkan predikat Kota Layak Anak Madya pada tahun 2018.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 2 Kendal, Supardi mengatakan pihaknya telah menyusun tahapan-tahapan untuk membentuk sekolahnya menuju sekolah yang ramah anak.

"Tahap pertama kami menunggu SK pembentukan sekolah ramah anak dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal, tahap selanjutnya menggandeng seluruh stakeholder dari mulai guru, murid, orangtua, OSIS hingga alumni untuk terlibat mewujudkan sekolah ramah anak," jelasnya.

Caption : Sosialisasi Puskesmas dan Sekolah Ramah Anak yang diadakan oleh DP2KBP2PA Kendal di ex Gedung Korpri Kendal, Kamis (08/11/2018), (Istimewah)

Halaman
12
Penulis: Dhian Adi Putranto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved