Wakil Bupati Batang Cek Hasil TMMD, Sambung Akses Desa Terisolir Lewat Pembangunan

Wakil Bupati Batang Suyono melihat langsung tahapan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103.

Wakil Bupati Batang Cek Hasil TMMD, Sambung Akses Desa Terisolir Lewat Pembangunan
TRIBUN JATENG/BUDI SUSANTO
Wakil Bupati Batang Suyono bersama Brigjend TNI Yulus Selvanus kendarai sepeda motor, keliling Desa Durenombo, tinjauan pembangunan akses jalan, Kamis (8/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Budi Susanto

TRIBUNJATENG.COM, BATANG - Wakil Bupati Batang Suyono bersama Brigjend TNI Yulus Selvanus dari Mabes TNI datangi Desa Durenombo Kecamatan Subah, untuk melihat langsung tahapan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 103.

Adapun program tersebut sudah berjalan sejak 15 Oktober lalu, dengan pendanaan dari APBD Pemprov Jateng, Pemkab Batang, dan pendanaan Kodim 0736 Batang yang mencapai Rp 1,2 miliar lebih.

Dukungan anggota TNI yang berjumlah 128 orang, ditambah 138 tenaga tambahan dari gabungan Polri, Ormas, jajaran Pemda dan warga desa pembangunan fisik utama berupa pengaspalan jalan sepanjang 2,3 kilometer kini progresnya mencapai 8,3 persen atau 1960 meter.

Menggunakan kendaraan roda dua jajaran Pemkab Batang bersama anggota TNI berkeliling Desa Durenombo. Wakil Bupati Batang dalam kunjungan mengatakan penyelesaian pembangunan di Desa Durenombo merupakan hadiah sambut Hari Pahlawan 10 November mendatang.

"Bentuk pengabdian kepada negara diwujudkan dalam kerja sama membangun desa, karena baik masyarakat dan TNI, Polri melakukan pembangunan bersama," katanya, Kamis (8/11/2018).

Sumber daya alam yang melimpah dituturkan Suyono tidak akan bermanfaat jika akses jalan buruk, dan sulit dilewati warga.

"Maka dari itu dengan adanya pembangunan, semoga bisa membuka akses bagi masyarakat, dan gotong royong yang ditunjukkan dalam pelaksanaan kegiatan kaliini menepis anggapan bahwa gotong di masyarakat mulai terkikis. Karena Bentuk perjuangan di era modern bisa dibuktikan oleh warga desa dengan gotong-royong," tambahnya.

Sementara Brigjend TNI Yulus Selvanus Tim, tersentuh kala melihat beberapa ibu rumah tangga yang ikut bekerja membantu pembangunan jalan sepanjang 2,3 kilometer tersebut.

"Sangat luar biasa melihat ibu rumah tangga terjun membantu pembangunan, saya kerap keliling daerah daerah dan baru kali ini melihat dedikasi masyarakat, menyukseskan pembangunan," ujarnya.

Ia menuturkan, Desa Durenombo yang awalnya terisolir, dengan adanya pembangunan jalan dapat membuka jalur perekonomian dan mensejahterakan masyarakat.

"Perang era modern bukan lagi angkat senjata, namun perang semesta, dimana TNI bisa bersatu dengan rakyat, seperti era Jendral Sudirman yang kini semangat saya lihat secara langsung di Desa Durenombo. Saya mewakili TNI akan terus menyuarakan pembangunan daerah terisolir, seperti sekarang di desa di mana saya menginjakkan kaki," tambahnya.(*)

Penulis: budi susanto
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved