Fadli Zon: Itu Kerjaan Intel, BIN Bantah Pasang Bendera Hitam di Rumah Rizieq Shihab di Mekkah

Wawan Purwanto mengatakan, pihaknya tak terkait dengan insiden pemasangan bendera di Mekah tersebut.

Fadli Zon: Itu Kerjaan Intel, BIN Bantah Pasang Bendera Hitam di Rumah Rizieq Shihab di Mekkah
TRIBUNJABAR
Habib Rizieq Shihab 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -‑ Ada dugaan pemasangan bendera mengarah gerakan ekstrimis di kediaman Pimpinan Front Pembela Islam(FPI) Rizieq Shihab didalangi intelijen.

Namun, Badan Intelijen Negara (BIN) membantah hal tersebut.

Direktur Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Purwanto mengatakan, pihaknya tak terkait dengan insiden pemasangan bendera di Mekah tersebut.

"Itu tidak benar ya karena operasi intelijen. Kami ingin masalah ini jangan melebar ke mana‑mana," kata Wawan, Kamis (8/11) malam.

Wawan menegaskan, dalam polemik soal pemasangan bendera yang berujung pemeriksaan terhadap Rizieq Shihab oleh Kepolisian Arab Saudi harus diselesaikan secara bijak. Ia menekankan kembali, BIN justru punya peranan melindungi warga negara Indonesia yang berada di luar negeri, seperti Rizieq.

"Kami ingin ini selesai searif‑arifnya. Memang menuduh intelijen itu paling enak. Padahal kan tidak melakukan itu. Tugas intelijen adalah melindungi warga negara (Indonesia), termasuk Habib Rizieq," jelas Wawan.

Kemudian, ia meminta agar semua pihak bisa menjaga pernyataan dan tak berasumsi macam‑macam. Ia menyinggung kabar operasi intelijen sudah menyebar lantaran berawal hanya dari asumsi.

"Dituduh melakukan operasi‑operasi, itu kan hanya asumsi. Sebut ada CCTV hilang. Ini kan ada perkiraan‑perkiraan. Ada potret dan diviralkan yang digabung‑gabungkan seolah‑olah menjadi pembenaran," tuturnya.

Sebelumnya, dalam akun Twitter Wakil Ketua DPR Fadli Zon, dirinya menulis dugaan bendera di rumah Rizieq Shihab karena dipasang oleh intel. "Sy yakin apa yg terjadi pd Imam Besar Habib Rizieq adalah fitnah keji. Bisa sj org masang bendera di luar tembok rumahnya, krn lokasinya umum. Ini Kerjaan dasar "intel'. Sy dpt pengaduan dr keluarga Habib pd Senin sore," tulis Fadli Zon dalam akun Twitternya @fadlizon.

Tudingan serupa juga disampaikan Kuasa Hukum FPI, Munarman. Menurut Munarman, pemasangan bendera di depan kediaman Rizieq Shihab dilakukan oleh tukang fitnah yang ingin mempersulit tokoh agama itu di Arab Saudi.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved