Hari Pahlawan, Pengendara di Pati Malah Ajak Polisi Selfie saat Kena Razia

Razia pada Operasi Zebra Candi 2018 di depan pasar buah Kabupaten Pati Jawa Tengah terlihat berbeda dibandingkan dengan biasanya

Hari Pahlawan, Pengendara di Pati Malah Ajak Polisi Selfie saat Kena Razia
Tribunjateng.com/Dwi Laylatur Rosyidah
Inayatul Husna, pengendara yang mengajak swafoto petugas kepolisian dengan pakaian adat dan veteran pada operasi Zebra Candi, Sabtu (10/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Razia pada Operasi Zebra Candi 2018 di depan pasar buah Kabupaten Pati Jawa Tengah terlihat berbeda dibandingkan dengan biasanya pada Sabtu (10/11/2018).

Nampak pada puluhan personil kepolisian yang bertugas, beberapa di antaranya menggunakan kostum pahlawan Jenderal Soedirman, pakaian adat dan juga veteran.

Tak sedikit, para pengendara yang diperiksa kelengkapannya bahkan meminta berswafoto dengan petugas untuk mengabadikan gambar.

Kasatlantas Polres Pati, AKP Ikrar Potawari menjelaskan bahwa yang spesial pada Operasi Zebra memasuki hari ke 12 ini lantaran bertepatan dengan Hari Pahlawan.

"Sehingga lain dari pada biasanya, terdapat petugas yang menggunakan seragam pahlawan, veteran dan pakaian adat dengan maksud bahwa semangat pahlawan kita pelihara," paparnya.

Apa yang dilakukan ini sebagai perwujudan bahwa aparat kepolisian menghargai penuh para pahlawan, di samping memperhatikan masyarakat agar tertib di jalan.

Selain memeriksa kelengkapan surat seperti biasanya, menilang bagi pelanggar, para petugas juga mengedukasi para pengendara dengan berbagai cara.

Ada yang membagikan pamflet berisi aturan berkendara yang tepat, ada juga yang menggunakan pertanyaan secara langsung kepada anak-anak seperti terkait nama pahlawan.

"Coba sebutkan satu di antara pahlawan yang berjuang untuk Indonesia merdeka," tanya petugas yang langsung dijawab anak dari pengendara dengan menyebutkan Jenderal Soedirman.

Mereka yang mampu menjawab mendapat hadiah spesial dari petugas.

"Selain menegakkan hukum kepada pengguna jalan, kita juga apresiasi pengendara yang lengkap. Kita hargai sebagai wujud yang bersangkutan tertib dan menjaga dirinya serta keluarganya," lanjut AKP Ikrar.

Inayatul Husna, pengendara asal Gembong mengakui apa yang dilakukan para petugas itu menarik.

"Baru kali pertama diperiksa, ada yang pakai baju veteran, pahlawan. Jadi secara tidak langsung kita jadi diingatkan bahwa hari ini Hari Pahlawan dan jangan sampai lupa untuk mengenang jasa mereka," jelasnya. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved