Nasib Hiu Tutul Terdampar di Pantai Ayam Putih Kebumen, Dicacah dan Dimasak Warga Tersisa Kepala

BKSDA Jawa Tengah mengonfirmasi Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Desa Ayam Putih, Bulupesantren, Kebumen merupakan satwa yang dilindungi.

Nasib Hiu Tutul Terdampar di Pantai Ayam Putih Kebumen, Dicacah dan Dimasak Warga Tersisa Kepala
Istimewa
Kondisi Hiu Tutul yang terdampar di panti Ayamputih Buluspesantren Kebumen, sebelum dicacah warga.  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, KEBUMEN - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah mengonfirmasi Ikan Hiu Paus atau Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Desa Ayam Putih, Bulupesantren, Kebumen merupakan satwa yang dilindungi oleh pemerintah.

Paska mendapati informasi tersebut dari masyarakat, petugas BKSDA Resort Konservasi Wilayah (RKW) Cilacap mendatangi lokasi penemuan Hiu Tutul di pantai Ayam Putih, Jumat (9/11/2018).

Saat koordinasi dengan pemerintah desa setempat dilakukan, bangkai Hiu yang tinggal kepalanya itu telah dikubur.

Koordinator Polisi Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Pemalang-Cilacap, Rahmat Hidayat mengatakan, pihaknya sekaligus memberikan sosialisasi kepada kepala desa dan perangkatnya mengenai kedudukan spesies itu di mata hukum.

"Bahwa ikan Hiu Tutul merupakan jenis ikan dilindungi melalui SK Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 18/ Kepmen KP/2013 tentang Status Perlindungan Hiu Paus (Rhincodon typus)," katanya, Sabtu (10/11/2018).

Informasi yang dihimpun dari Kepala Desa Ayam Putih, berdasarkan keterangan warga, kata Rahmat, Ikan Hiu Tutul dengan panjang kurang lebih 7 meter itu diperkirakan terdampar pada Kamis malam (8/11/2018).

Tetapi kejadian itu baru diketahui masyarakat pada Jumat pagi, sekira pukul 05.00 Wib, (10/11/2018).

Mendapati laporan dari warga, Pemerintahan Desa Ayam Putih lantas meninjau lokasi terdamparnya ikan sekitar pukul 09.00 wib.

Sayang, saat ditinjau, kondisi ikan itu sudah tidak utuh lagi. Ikan berukuran besar itu ternyata telah dipotong atau dicacah oleh masyarakat setempat. Mereka mencacah tubuh ikan malang itu untuk dikonsumsi atau dimasak.

Warga rupanya tergiur dengan kondisi ikan yang masih segar saat ditemukan terdampar. Mereka terdorong untuk mengambil daging, sirip hingga ekor Hiu yang masih segar.

Warga memotong Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Ayamputih Buluspesantren Kebumen, kemarin Jumat (9/11/2018).
Warga memotong Hiu Tutul yang terdampar di Pantai Ayamputih Buluspesantren Kebumen, kemarin Jumat (9/11/2018). (Istimewa)
Kondisi Hiu Tutul yang terdampar di panti Ayamputih Buluspesantren Kebumen, setelah dicacah warga. 
Kondisi Hiu Tutul yang terdampar di panti Ayamputih Buluspesantren Kebumen, setelah dicacah warga.  (Ist)
Halaman
12
Penulis: khoirul muzaki
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved