Operasi Zebra Candi 2018, Satlantas Polres Pati Sudah Temukan Sekitar 4 Ribu Pelanggar

Hingga hari ke 12, Sabtu (10/11/2018), Polres Pati telah menemukan sekitar 4 ribu pelanggar pada Operasi Zebra Candi 2018

Operasi Zebra Candi 2018, Satlantas Polres Pati Sudah Temukan Sekitar 4 Ribu Pelanggar
tribunjateng/dwi laylatur rosyidah
Ilustrasi. Foto - Operasi Zebra Candi yang dikawal petugas gabungan dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani, sebelah selatan Simpangtujuh Kota Kudus Jawa Tengah, Kamis (9/11/2017) sore. 

Laporan Reporter Tribun Jateng, Dwi Laylatur Rosyidah

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Hingga hari ke 12, Sabtu (10/11/2018), Polres Pati telah menemukan sekitar 4 ribu pelanggar pada Operasi Zebra Candi 2018.

Kasatlantas Polres Pati, AKP Ikrar Potawari menyebutkan  pelanggaran pada operasi yang belangsung mulai 30 Oktober 2018 itu didominasi karena pengendara tidak menggunakan helm.

Selain itu, pelanggaran lainnya yang banyak dilakukan adalah perihal melawan arus dan safety belt.

"Sampai hari ini total penegakan hukum kurang lebih sekitar 4 ribu pelanggar, dominasi tidak menggunakan helm, melawan arus dan safety belt," terangnya.

Penemuan lainnya pada penegakan hukum dalam operasi ini adalah pengaruh alkohol, kecepatan dan pengendara di bawah umur.

Pada Operasi Zebra Candi 2018 yang akan berakhir 12 November 2018 ini juga terdapat sisi spesial tepat di peringatan hari Pahlawan.

Nampak pada puluhan personil kepolisian yang bertugas, beberapa di antaranya menggunakan kostum pahlawan Jenderal Soedirman, pakaian adat dan juga veteran.

Tak sedikit, para pengendara yang diperiksa kelengkapannya bahkan meminta berswafoto dengan petugas untuk mengabadikan gambar.

"Sehingga lain dari pada biasanya, terdapat petugas yang menggunakan seragam pahlawan, veteran dan pakaian adat dengan maksud bahwa semangat pahlawan kita pelihara," paparnya.

Apa yang dilakukan ini sebagai perwujudan bahwa aparat kepolisian menghargai penuh para pahlawan, di samping memperhatikan masyarakat agar tertib di jalan.

Selain memeriksa kelengkapan surat seperti biasanya, menilang bagi pelanggar, para petugas juga mengedukasi para pengendara dengan berbagai cara.

Mereka yang mampu menjawab pertanyaan petugas akan mendapat hadiah spesial.

"Selain menegakkan hukum kepada pengguna jalan, kita juga apresiasi pengendara yang lengkap. Kita hargai sebagai wujud yang bersangkutan tertib dan menjaga dirinya serta keluarganya," lanjut AKP Ikrar. (*)

Penulis: Dwi Laylatur Rosyidah
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved