Gelar Seminar Medis Tentang Jantung, RS Telogorejo Semarang Mulai Gunakan Teknologi IVUS

Seminar yang diadakan di Atrium SIM Square Semarang itu dihadiri sekiranya 200 peserta.

Gelar Seminar Medis Tentang Jantung, RS Telogorejo Semarang Mulai Gunakan Teknologi IVUS
Istimewa
SMC Rumah Sakit Telogorejo menyelenggarakan seminar medis mengenai jantung yang bertajuk 'Intravascular Technology for Coronary Artery Disease', Minggu (11/11/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Penyakit kardiovaskular khususnya penyakit jantung koroner masih menjadi satu di antara penyakit yang menyebabkan banyak kematian.

Serangan jantung tentu sebuah kejadian tiba-tiba yang pada terjadi pada siapa saja.

Berkaitan isu tersebut, SMC Rumah Sakit Telogorejo menyelenggarakan seminar medis mengenai jantung yang bertajuk 'Intravascular Technology for Coronary Artery Disease', Minggu (11/11/2018).

Seminar yang diadakan di Atrium SIM Square Semarang itu dihadiri sekiranya 200 peserta yang merupakan dokter dan fasilitator kesehatan dari berbagai klinik di Semarang.

Penyampaian materi disampaikan oleh dr. Sodiqur Rifqi, Sp.JP, FIHA, dr. M. Yusuf Suseno, Sp.JP, FIHA, dan Dr. dr. Purwanto AP, Sp.PK (K).

Baca: VIRAL Video Guru Berusia Paruh Baya di Kendal Dikeroyok Murid di Kelas, LP Maarif Masih Menelusuri

Dalam seminarnya, dr Yusuf menyampaikan bahwa peran dari teknologi dalam kedokteran sudah perlu dilakukan untuk menunjang pemeriksaan diagnostik dan penanganan penyakit jantung koroner.

Satu di antaranya adalah alat ultrasonografi instravascular (IVUS), yang digunakan untuk memantau kondisi pembuluh darah pasien secara lebih riil dari dalam pembuluh darah.

"RS Telogorejo sudah memiliki dan mulai memakai teknologi ini. Sebenarnya sudah ada kurang lebih setahun, tetapi baru mulai dipakai akhir-akhir ini. Sehingga melalui seminar ini kami juga ingin mengenalkan lebih dalam mengenai IVUS," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa sebelumnya pada prosedur kateterisasi jantung, umumnya hanya mendapatkan gambaran dua dimensi pembuluh darah jantung.

Namun, dengan IVUS dokter dapat memantau kondisi pembuluh darah dari segala arah.

Halaman
12
Penulis: Ines Ferdiana Puspitari
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved