Blogger Solo Blonthank Poer : Hoax Bertebaran di Sosmed, Disebabkan Baca Judulnya Saja

Di tahun politik ini, sejumlah informasi hoax bertebaran di sosial media. Masyarakat dinilai harus lebih jeli memilah mana informasi yang benar

Blogger Solo Blonthank Poer : Hoax Bertebaran di Sosmed, Disebabkan Baca Judulnya Saja
TRIBUN JATENG/AKBAR HARI MUKTI
Blonthank Poer (tengah) saat diskusi di Pasar Gede, Solo, Senin (19/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Di tahun politik ini, sejumlah informasi hoax bertebaran di sosial media. Masyarakat dinilai harus lebih jeli memilah mana informasi yang benar dan yang hoax.

Blonthank Poer, seorang blogger kenamaan di Solo, menilai masyarakat saat ini terus termakan hoax karena kurangnya rasa peka.

"Misalnya orang termakan hoax karena melihat suatu berita di website abal-abal. Yang dibaca judulnya saja, tak membuka isinya langsung bisa menyimpulkan. Itu sesat namanya," paparnya, Senin (19/11/2018) malam.

Tak ada rasa kepekaan untuk membuka link atau mencari tahu di situs berita lain terkait informasi itu, dinilai Blonthank sebagai bentuk kemunduran.

Jika ingin maju, maka menurutnya masyarakat harus mulai skeptis saat membaca atau mendapatkan informasi di sosial media.

"Yang jadi masalah adalah masyarakat tak punya kepekaan seperti itu. Literasi rendah," urainya.

Padahal saat ini menurutnya membuat web sangat mudah. Hal itu, tambahnya, dimanfaatkan sebagian oknum untuk membuat website yang berisi konten fitnah tak berdasar.

Menurutnya hal itu harus mulai dilawan oleh masyarakat.

"Momentum politik seperti pilkada, pileg, atau menjelang pilpres seperti saat ini membuat web-web berisi fitnah itu semakin banyak. Orang-orang harus mulai mengedukasi diri mereka sendiri untuk bisa memilah," jelasnya. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved