Jukir di Solo Diminta Sering Senyum dan Berperilaku Baik

Ribuan juru parkir di Kota Solo diminta untuk berperilaku baik kepada masyarakat yang memarkirkan kendaraannya

Jukir di Solo Diminta Sering Senyum dan Berperilaku Baik
Tribunjateng.com/Akbar Hari Mukti
Hari Prihatno sedang memberikan materi kepada ribuan jukir di Solo di Diamond Hall Convention Center Solo, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Ribuan juru parkir di Kota Solo diminta untuk berperilaku baik kepada masyarakat yang memarkirkan kendaraannya. Mereka juga diminta dapat membangun kepercayaan kepada masyarakat.

Hal itu dijelaskan Kepala Dishub Solo Hari Prihatno dalam pembekalan teknis kepada ribuan pengelola dan petugas parkir di Solo di Diamond Hall Convention Center Solo, Kamis (22/11/2018).

Hari mengatakan, jukir harus bekerja dengan lebih santun terlebih karena tak lama lagi regulasi parkir on street berubah per Januari 2019 mendatang.

"Jukir harus bisa membangun kepercayaan ke seluruh warga," papar Hari.

Pelayanan jukir kepada warga yang sedang ingin memarkirkan kendaraannya juga harus lebih positif. Di antaranya dengan membangun interaksi antara jukir dan pengendara.

"Kalau bisa melayani dengan senyuman. Itu tandanya jukir ramah dalam bekerja," urai dia.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Solo, M Said Ramadhan menambahkan, Dishub Solo harus dapat memberi pembinaan dan pelatihan kepada petugas parkir Solo. Selain dua hal di atas, ia menilai jukir harus bisa memberi pelayanan jujur dan menghindari pungutan liar.

Lalu juga memberi pemahaman sesuai dengan undang-undang yang berlaku, artinya tak menarik uang di luar ketentuan penarikan.

Proses itu menurut Said tak mudah. Pasalnya hingga saat ini pihaknya masih saja mendapati petugas parkir di Solo yang meminta uang lebih tinggi dari ketentuan.

"Artinya masih banyak yang tak tertib. Ada juga yang terkadang memarkirkan kendaraan hingga memakan bahu jalan," urai dia.

Said berharap jukir memberi pelayanan dan mengabdi ke masyarakat, sehingga bisa membantu menertibkan lalulintas.

"Untuk itu Dishub perlu melakukan pengawasan dan pelatihan ke petugas parkir," urai dia. (*)

Penulis: akbar hari mukti
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved