OJK Selenggarakan Islamic Finance Challenge (IFC) Regional Jawa Tengah dan DIY 2018

OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan DIY bersama Industri Jasa Keuangan serta Forum Studi Ekonomi dan Hukum Islam menyelenggarakan IFC.

OJK Selenggarakan Islamic Finance Challenge (IFC) Regional Jawa Tengah dan DIY 2018
TRIBUN JATENG/DESTA LEILA KARTIKA
Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa, menyerahkan secara simbolis hadiah kepada para pemenang, berlokasi di kantor OJK regional 3 Jateng dan DIY, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jawa Tengah dan DIY bersama Industri Jasa Keuangan di Jawa Tengah, bekerjasama dengan Forum Studi Ekonomi dan Hukum Islam (Forshei) menyelenggarakan kegiatan Islamic Financial Challenge (IFC).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan inklusi produk keuangan syariah, dan koordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memperbesar pangsa pasar keuangan syariah.

Berdasarkan hasil survey literasi yang dilakukan OJK pada tahun 2016 menunjukkan tingkat literasi (pemahaman) dan tingkat inklusi (pemanfaatan) masyarakat terhadap produk sekaligus jasa keuangan syariah masih rendah.

Hal tersebut ditunjukkan dengan indeks literasi keuangan syariah baru mencapai 8,11% dan indeks inklusi keuangan syariah sebesar 11,06%.

Sementara indeks literasi keuangan konvensional mencapai 29,66% dan indeks inklusi keuangan sebesar 67,82%.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Nur Satyo Kurniawan, kegiatan Islamic Financial Challengge (IFC) Regional Jawa Tengah dan DIY 2018 menyasar mahasiswa, dosen dan masyarakat.

Sedangkan rangkaian kegiatan berupa Olympiade Keuangan Syariah, lomba video literasi keuangan, sosialisasi, call paper for dosen dan diakhiri dengan seminar.

"Rangkaian perlombaan tersebut diakhiri dengan pelaksanaan final olimpiade keuangan syariah, dan juara pertama diraih oleh Adam Adhe Nugraha dkk (Universitas Gajah Mada), Juara kedua Nandiyah dkk (UIN Walisongo), Juara ketiga Muhammad Al Farido A (UIN Sunan Kalijaga)," ungkap Nur Satyo Kurniawan, pada Tribunjateng.com, Kamis (22/11/2018).

Baca: OJK Siapkan Regulasi Penyediaan Perusahaan Efek Daerah

Pada kesempatan yang sama, Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan tingkat literasi, dan inklusi masyarakat sehingga dapat mempercepat pertumbuhan keuangan syariah di Jawa Tengah dan DIY.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved