3.000 Peserta Meriahkan Gebyar Germas Pelajar Jateng di HKN ke-54

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-54 dengan berbagai rangkaian acara

3.000 Peserta Meriahkan Gebyar Germas Pelajar Jateng di HKN ke-54
Tribunjateng.com/Bare Kingkin Kinamu
Keseruan makan buah bersama di Gebyar Germas Pelajar Jateng, Jumat (23/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bare Kingkin Kinamu

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-54 dengan berbagai rangkaian acara.

Kali ini, acara dimulai dengan senam bersama, makan buah, hingga acara talkshow di GOR Upgris Jalan Gajah, Jumat (23/11/2018).

Tema yang diangkat yakni Gebyar Germas Pelajar Jateng.

3.000 orang terlibat di dalam HKN kali ini. Yakni 2.000 pelajar, beberapa guru pendamping, Dinkes Prov Jateng, UPT Dinkes Jateng, OPD Dinkes Jateng, dan perwakilan dari Ormas.

Sejak 30 tahun terakhir, perubahan pola penyakit disebabkan karena pola hidup masyarakat, pada era 1990-an penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi yakni penyakit menular, tahun 2000 an beralih ke penyakit tidak menular," tutur Kadinkes Jateng, dr. Yulianto Prabowo M.Kes kepada Tribunjateng.com.

dr. Yulianto Prabowo dalam sambutannya juga menjelaskan jika penyakit tidak menular tersebut sebagian besar dikarenakan hampir sebagian besar masyarakat di Jawa Tengah kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta kurangnya melakukan aktivitas fisik.

"Faktor risiko penyebab Penyakit Tidak Menular (PTM) yang terkait dengan berubahnya gaya hidup masyarakat yakni penduduk kurang beraktivitas fisik, banyak menghabiskan waktu dengan menonton TV, bermain game dan terlalu lama di depan komputer. Hal ini dapat menyebabkan faktor risiko kegemukan," jelas Yulianto Prabowo saat pembukaan acara.

Dalam kesempatan tersebut acara sangat meriah.

Para pelajar antusias saat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan kuis sebelum membuka acara dan menandatangai komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Halaman
12
Penulis: Bare Kingkin Kinamu
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved