Keren! Ada Wahana Baru Boyolali Akuatik Edukasi Ikan, Akan Diresmikan Besok

Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) dengan membangun Boyolali Aquatik di kawasan obyek wisata Tlatar.

Keren! Ada Wahana Baru Boyolali Akuatik Edukasi Ikan, Akan Diresmikan Besok
ISTIMEWA
Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) dengan membangun Boyolali Aquatik di kawasan obyek wisata Tlatar. 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali menyimpan potensi sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya potensi perikanan yang luar biasa di Kota Susu. P

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali ikut andil dalam menjaga dan melestarikan potensi ikan yang ada melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) dengan membangun Boyolali Aquatik di kawasan obyek wisata Tlatar.

Dijelaskan Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali, Juwaris bahwa pembangunan Boyolali Aquatik ini untuk menggairahkan kembali minat warga, memberikan daya tarik warga Boyolali untuk dapat menikmati wahana yang disediakan.

Balai Benih Ikan (BBI) terpadu tidak hanya memproduksi benih ikan tapi juga produksi berbagai jenis ikan termasuk ikan hias dan juga edukasi.

“Mengoptimalkan balai benih ikan, tidak sekedar menyiapkan benih tapi juga edukasi perikanan. Harapannya edukasi perikanan ini bisa diterima masyarakat untuk rekreasi,” terang Juwaris saat ditemui di Boyolali Akuatik, pada jumat (23/11).

Memasuki wahana Boyolali Akuatik, pengunjung akan disambut dengan jembatan yang terbuat dari kaca sehingga pengunjung bisa melihat ikan berenang di bawahnya.

Setelahnya, pengunjung bisa masuk ruang yang terdapat akuarium kecil yang berjajar rapi.

“Karena di Soloraya belum ada wahana seperti ini. Bisa untuk outing class atau outbond anak anak. Ikan ikan yang akan dikoleksi kita kembangkan terus, mungkin ada sekitar 30 jenis ikan yang termasuk ikan yang dianggap buas,” ungkapnya.

Kemudian, pengunjung bisa masuk ke wahana selanjutnya yang lebih besar lagi. Sebuah bangunan dengan dominasi warna biru, tampak berdiri gagak di sisi sebelah kanan dan kiri sebuah lorong.

Dari sebuah jendela kecil di sisi sisi bangunan, pengunjung bisa melihat ikan air tawar yang berukuran cukup besar di akuarium.

Bekerjasama dengan pengelola Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas di Kabupaten Purbalingga, akuarium tersebut akan diisi 22 ikan hibah, 10 Belida putih dari Thailand, dan ikan patin putih.

“Selanjutnya akan ada ikan Arapaima dua ekor dan ikan pari. Saya harap ikan ikan yang memang dilindungi, memang ada larangan, proseslah dengan ijin paling tidak terdaftar,” himbaunya.

Sebagai tambahan informasi, Boyolali Akuatik direncanakan akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah pada Sabtu (24/11) esok, bertepatan dengan Hari Ikan Nasional Ke-5 yang akan dilaksanakan di Boyolali.

Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved