OJK Pacu Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng dan DIY terus memacu peningkatan literasi dan inklusi produk keuangan syariah

OJK Pacu Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah
Tribun Jateng/Mamdukh Adi Priyanto

SEMARANG, TRIBUN JATENG - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng dan DIY terus memacu peningkatan literasi dan inklusi produk keuangan syariah di provinsi ini.

Hal itu antara lain dilakukan dengan menggandeng industri jasa keuangan syariah dan Forum Studi Ekonomi dan Hukum Islam (Forshei) menyelenggarakan Islamic Financial Challenge (IFC).

Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY, Aman Santosa mengatakan, hasil survei OJK pada 2016 menunjukkan tingkat literasi (pemahaman), dan tingkat inklusi (pemanfaatan) masyarakat terhadap produk sekaligus jasa keuangan syariah masih rendah.

Hal itu ditunjukkan dengan indeks literasi keuangan syariah yang baru tercatat sebesar 8,11 persen, dan indeks inklusi keuangan syariah sebesar 11,06 persen.

Sementara indeks literasi keuangan konvensional mencapai 29,66 persen, dan indeks inklusi keuangan sebesar 67,82 persen.

"Kami berharap kegiatan itu (IFC-Red) dapat meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan syariah, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan industri itu di wilayah ini," katanya, Kamis (22/11).

Data OJK menyebut, industri perbankan syariah di Jateng dan DIY hingga September 2018 mencatatkan aset mencapai Rp 31,44 triliun, naik 9,63 persen dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 28,67 triliun.

Pembiayaan meningkat sebesar 19,07 persen menjadi Rp 22,94 triliun dari periode sama 2017 sebesar Rp 19,26 triliun, dan DPK meningkat sebesar 7,45 persen menjadi Rp 22,99 triliun dari kuartal III/2017 sebesar Rp 21,40 triliun .

"Jateng perlu berbangga, mengingat seluruh kenaikan indikator itu tercatat lebih tinggi dari pertumbuhan nasional. Aset, pembiayaan, dan DPK secara nasional masing-masing tercatat 6,48 persen, 6,84 persen, dan 6,13 persen," jelas Aman.

Dukungan

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved