Diduga Kampanye di Seminar Guru, Mantan Wagub Jateng Heru Sudjatmoko Diperiksa Panwascam

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purbalingga Kota memanggil mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Jumat (23/11/2018).

Diduga Kampanye di Seminar Guru, Mantan Wagub Jateng Heru Sudjatmoko Diperiksa Panwascam
KOMPAS.com/Iqbal Fahmi
Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang juga Calon Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Heru Sudjatmoko memenuhi panggilan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purbalingga Kota, Jumat (23/11/2018). 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Purbalingga Kota memanggil mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, Jumat (23/11/2018).

Pemanggilan ini terkait dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Heru.

Heru adalah calon anggota DPR RI dari PDI-P untuk Daerah Pemilihan 7 yang meliputi Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Ketua Panwascam Purbalingga Kota, Turyanto, mengatakan, dugaan pelanggaran kampanye terjadi saat seminar pendidikan guru PAUD dan TK yang diadakan di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Purbalingga pada 18 November 2018.

Dalam acara tersebut, Heru diundang sebagai pembicara oleh panitia yakni PGRI. Namun, Panwascam menilai, ada indikasi pelanggaran karena ditemukan alat peraga kampanye (APK) di lokasi.

“Kami temukan ada alat peraga kampanye berupa leaflet dan kerudung. Itu dalam bentuk bingkisan, ada sekitar 800 bingkisan,” kata Turyanto.

Panwas menduga, Heru melakukan pelanggaran karena dalam Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP), acara tersebut adalah murni seminar pendidikan. Akan tetapi, Heru sempat menyisipkan unsur kampanye secara verbal dalam acara tersebut.

“Dikatakan melanggar karena STTP tidak ada izin untuk kampanye. Kemudian di leaflet ada citra diri yang memuat nomer, logo partai, dan gambar,” kata Turyanto.

“Awalnya memang diundang, namun karena ada kepentingan jadi mungkin masuk sekalian. Pendanaan untuk bingkisan dari Heru,” lanjut dia.

Hingga kini, Panwascam sudah memeriksa lima orang selain Heru. Lima saksi tersebut merupakan peserta, maupun panitia penyelenggara termasuk memeriksa Ketua PGRI, Sarjono.

Halaman
12
Editor: m nur huda
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved