Jika Ada Garis Hitam di Kuku Anda, Waspada Karena Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Ganas

Jika Anda menemukan garis gelap pada kuku, Anda harus segera menemui dokter untuk memastikan itu melanoma atau bukan

Jika Ada Garis Hitam di Kuku Anda, Waspada Karena Bisa Jadi Itu Tanda Penyakit Ganas
themighty.com
Kuku bergaris hitam 

TRIBUNJATENG.COM - Melalui sebuah unggahan di media sosial, seorang wanita memberi peringatan jika seseorang menemukan garis hitam di kuku, bisa jadi tanda adanya kanker.

Menurut Jean Skinner, yang mengatakan dia ahli kecantikan dari Uckfield, Sussex, seorang klien datang meminta cat kuku yang gelap untuk menutupi garis hitam di kukunya.

Melihat garis kuku di tangannya, Skinner menyarankannya untuk mengunjungi dokter.

Kemudian klien wanita tersebut menemukan dirinya memiliki kanker melanoma.

Melalui unggahan Facebook miliknya, Skinner mendeskripsikan kliennya memiliki 'garis vertikal gelap lurus pada kukunya'.

Banyak orang yang mengatakan hal tersebut karena dia kekurangan kalsium, karena keturunan atau lepuhan darah.

H
Facebook/independent.co.uk
Unggahan Jean Skinner

"Ini melanoma!!!" Skinner menulis. "Saya tidak ingin membuatnya takut, tetapi saya mengatakan kepadanya bahwa dia perlu segera menemui dokternya! Dia menelepon saya hari ini untuk memberitahu saya bahwa ya itu adalah melanoma yang sangat agresif yang telah menyebar ke kelenjar getah beningnya!! Prognosisnya tidak bagus!"

Skinner sekarang menyarankan orang-orang untuk memperhatikan perubahan aneh pada kuku mereka, meskipun perubahan aneh pada kuku sangat mungkin tidak perlu dikhawatirkan.

Menurut pedoman resmi NHS (National Health Service), garis-garis gelap yang ada pada kuku (linear melanonychia) cukup umum terjadi pada orang kulit hitam di atas usia 20 tahun dan dalam banyak kasus itu sangat normal.

Mereka menyarankan bahwa garis-garis gelap pada kuku tidak boleh diabaikan karena sebenarnya bisa menjadi tanda melanoma sub jamur, suatu bentuk kanker kulit yang memengaruhi dasar kuku.

Jika Anda menemukan garis gelap pada kuku, Anda harus segera menemui dokter untuk memastikan itu melanoma atau bukan.

"Melanoma subungual biasanya hanya memengaruhi satu kuku," NHS menjelaskan. "Ini juga akan menyebabkan tampilan garis berubah, mungkin menjadi lebih luas atau lebih gelap dari waktu ke waktu dan pigmentasi juga dapat memengaruhi kulit di sekitanya (lipatan kuku)."

Gejalanya dapat terjadi di berbagai tempat di tubuh, termasuk di bawah kuku jari, di antara jari-jari kaki atau di kulit kepala.

"Gejala melanoma di bawah kuku Anda termasuk area gelap atau tanda," kata Profesor Sanchia Aranda, CEO Cancer Australia.

"Di tempat lain pada kulit Anda, serta waspadai juga tahi lalat atau bintik baru, cari tahi lalat atau bintik-bintik yang berubah warna, memiliki berbagai warna, semakin besar atau memiliki batas yang tidak rata atau mengembangkan benjolan di dalamnya." (*)

Editor: muslimah
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved