BCA Helat Pagelaran dan Pementasan Wayang for Student di Semarang

Bakti BCA untuk Wayang Indonesia dalam gelaran Wayang for Student 2018.

BCA Helat Pagelaran dan Pementasan Wayang for Student di Semarang
Tribun Jateng/ Desta Leila Kartika
Pagelaran dan Pementasan “Wayang for Student” Semarang yang diselenggarakan oleh BCA. Berlokasi di Majapahit Convention, Sabtu (24/11/2018).  

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tingginya nilai sejarah dan kebudayaan wayang sebagai kesenian asli Indonesia, menginspirasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian kesenian tersebut.

Hal ini diwujudkan melalui Bakti BCA untuk Wayang Indonesia dalam gelaran Wayang for Student 2018.

Gelaran kali ini menampilkan pagelaran “Wayang Extravaganza”, dan Pementasan Wayang dari 210 pelajar yang berasal dari enam sekolah di Semarang.

Sebanyak 210 pelajar dari enam sekolah tersebut menunjukan bakat aktingnya dalam pementasan wayang orang di Majapahit Convention, Sabtu (24/11/2018).

Mereka memainkan lakon wayang seperti, Gathutkaca Lahir, Aji Narantaka, Gathutkaca Karma, Gathutkaca Krida, Gathutkaca Ratu, dan Gathutkaca Wisuda.

Tidak sekadar menampilkan lakon wayang yang kental dengan budaya Jawa, pertunjukkan wayang orang para siswa dikemas mengikuti perkembangan zaman saat ini agar lebih menarik.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, ketika wayang sudah diakui UNESCO maka sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk melestarikannya.

"Kepada para generasi muda, mereka harus dilibatkan untuk mengenal wayang melalui pertunjukkan.

Namun, pertunjukan wayang orang atau wayang kulit tidak cukup karena di era digitalisasi wayang harus dikemas lebih modern seperti membuat aplikasi games, robot, dan mural wayang sebagai hiburan serta edukasi," tutur Gunawan Saptogiri, pada Tribunjateng.com, Sabtu (24/11/2018).

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved