Harga Minyak Cenderung Turun, Ini Rekomendasi Prospek Saham Sektor Energi

strategi yang dilakukan perusahaan pun cukup jelas dalam menghadapi penurunan harga minyak,

Harga Minyak Cenderung Turun, Ini Rekomendasi Prospek Saham Sektor Energi
tribunjateng/dok
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Harga minyak yang cenderung fluktuatif menjadi sentimen yang tidak bisa dihindari untuk sektor saham migas.

Masalahnya, harga minyak cenderung lebih sering mengalami penurunan.

Asal tahu saja, meski harga minyak hari ini mengalami penguatan, pada Jumat lalu, harga minyak terkoreksi ke level terendah sejak 2015 menjadi 50,42 dolar AS per barel.

Mengintip data Bloomberg, per 31 Oktober hingga 26 November pukul 18.09 WIB, harga minyak terkoreksi 22 persen dari 65,25 dolar AS per barel menjadi 50,96 dolar per barel.

Bahkan, pada Maret silam, harga minyak sempat menyentuh level tertingginya sepanjang tahun ini 76,10 dolar AS per barel.

Investor Relation PT Elunsa Tbk (ELSA), Rifqi Budi Prasetyo mengatakan, penurunan harga minyak tidak terlalu berpengaruh terhadap fundamental jangka pendek ELSA karena Elnusa perusahaan jasa migas bukan perusahaan yang menjual hasil produksi migas secara langsung.

Rifqi mengatakan, perusahaan selalu siap dengan adanya fluktuasi harga minyak yang merupakan salah satu komoditas global.

Dia mengklaim, strategi yang dilakukan perusahaan pun cukup jelas dalam menghadapi penurunan harga minyak,

"Elnusa adalah perusahaan jasa migas dan energi yang sangat terdiversifikasi baik dari jasa hulu migas, jasa transportasi dan distribusi energi, kelengkapan jasa yang kami miliki membuat kami optimistis dapat menghadapi sentimen tersebut," katanya.

Kendati demikian Analis Artha Sekuritas Juan Harahap menilai, dengan adanya tren pelemahan harga minyak justru akan berdampak negatif bagi para emiten minyak dan juga turunannya, tak terkecuali emiten jasa minyak.

Halaman
123
Editor: galih pujo asmoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved