Mampu Bermanuver Cepat, Kapal Buatan Tim Bengawan UNV UNS Solo Juara Dua Kontes Nasional

Tim Bengawan UV UNS Solo raih juara dua pada kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCBTN) 2018 dalam kategori Electric Remote Control.

Mampu Bermanuver Cepat, Kapal Buatan Tim Bengawan UNV UNS Solo Juara Dua Kontes Nasional
Istimewa
Tim Bengawan UNV UNS Solo saat berkompetisi di kontes kapal cepat tak berawak nasional (KKCBTN) 2018 di Madura, Jawa Timur, 17 November 2018 lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akbar Hari Mukti

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Tim Bengawan UV Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo raih juara dua pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCBTN) 2018 dalam kategori Electric Remote Control.

Kompetisi berlangsung di Politeknik Negeri Madura, Jawa Timur, 17 November 2018 lalu.

KKCBTN adalah sebuah kompetisi kapal tanpa awak berskala nasional yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Ristekdikti. Dalam penyelenggaraan tahun ini KKCBTN diikuti 45 tim dari 25 universitas se-Indonesia.

Ada tiga kategori yang dilombakan di antaranya Autonomous Surface Vehicle, Electric Remote Control, dan Full Engine Remote Control.

Tim UNS peraih medali itu beranggotakan empat mahasiswa di antaranya Evan Martono, Rizky Yudha Widya Arjuna, Abdillah Ebriel Lianto, dan Maria Nindy Alif Jodinesa.

General Manager Tim, Hanif Rinaldi mengatakan, ada sejumlah hal yang dinilai dalam perlombaan ini.

"Di antaranya seberapa cepat kapal dapar melakukan misi drag maupun manuver. Selain itu, ada juga penilaian best design kapal yang disesuaikan dengan tema perlombaan," ujarnya, Senin (26/11/2018).

Sementara untuk tema KKCBTN 2018 adalah teknologi kapal cepat untuk mendukung pemanfaatan sumber kekayaan laut indonesia.

Ia mengatakan untuk tahun ini Bengawan UV mengirimkan tiga tim mengikuti ketiga kategori tersebut. Khusus pada kategori Electric Remote Control, tim ini mendesain kapal kendali jarak jauh yang mampu melaju cepat. Kapal ini mereka namai Mandakini 2.

Halaman
12
Penulis: akbar hari mukti
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved