Harga Susu Sapi Segar dalam Tren Kenaikan

Harga susu sapi segar saat ini menunjukkan tren kenaikan. Hal itu diungkapkan Fini Murfiani

Harga Susu Sapi Segar dalam Tren Kenaikan
Shanghaiist.com
Pria ini memerah susu dari sapinya langsung untuk dijual kepada para pelanggannya. 

TRIBUN JATENG.COM, JAKARTA -- Harga susu sapi segar saat ini menunjukkan tren kenaikan. Hal itu diungkapkan Fini Murfiani, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Ternak (PKH) Kementerian Pertanian (Kemtan).

Menurut dia, kenaikan harga susu saat ini berbeda-beda di tiap lokasi. Data harga susu itu diperoleh berdasarkan pantauan lapangan.

"Saat ini harga susu di peternak di Jateng sekitar Rp 4.500-Rp 5.500 per liter, sedangkan apabila dibandingkan dengan harga susu pada tahun lalu di tingkat peternak sekitar Rp 3.700-Rp 4.500 per liter,” katanya, kepada Kontan.co.id, Senin (26/11).

Fini menuturkan, harga susu sapi segar di Jateng itu juga sudah mengalami kenaikan dibandingkan dengan pada Juli 2018 lalu sekitar Rp 4.200-Rp 5.200 per liter.

Sementara harga susu segar di Jatim tercatat antara Rp 4.800-Rp 6.156 per liter, dan di Jabar tercatat berkisar antara Rp 4.200-Rp 5.650 per liter.

Sayangnya, harga susu sapi ini tidak termasuk kategori barang pokok penting, sehingga update-nya tidak dilakukan setiap bulan layaknya harga komoditas lain seperti beras, cabai, dan bawang.

“Sampai dengan saat ini memang belum ada pantauan harian tentang harga susu. Pantauan harian harga komoditas pertanian (termasuk peternakan-Red) masih difokuskan pada yang termasuk dalam katagori barang pokok penting (bapokting),” jelasnya.

Fini menyatakan, ada tiga faktor yang berpengaruh dalam kenaikan harga susu sapi segar itu, antara lain regulasi pemerintah untuk pelaku usaha, bimbingan dan arahan pelaksanaan kemitraan sesuai dengan regulasi dan advokasi pemerintah, serta awareness pelaku usaha atas konsep kemitraan yang baik. (Kontan)

Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved