Stikes Telogorejo

Gendong Ala Kanguru Ternyata Bisa Turunkan Demam Bayi, Begini Caranya

Prinsip gendong ala kanguru ini dapat mempertahankan suhu tubuh bayi stabil dan optimal dimana terjadi perpindahan suhu melalui kontak kulit ibu

Gendong Ala Kanguru Ternyata Bisa Turunkan Demam Bayi, Begini Caranya
Ist
Gendong ala Kanguru 

Oleh Sri Hartini MA

Dosen Stikes Telogorejo

BAYI anda demam? Setiap bayi pasti pernah mengalami demam. Bayi dikatakan demam jika suhu tubuhnya di atas 37,5 oC atau lebih. 

Sebagai orang tua, dalam menghadapi demam pada anak kita tidak boleh panik.

Tidak harus segera dibawa ke rumah sakit, sebab demam pada bayi merupakan keadaan normal selama tidak ada penyakit yang lain, karena demam ini biasa terjadi dan bisa anda tangani di rumah.

Demam timbul sebagai pertanda bahwa tubuh bayi sedang melawan penyakit. Bayi setelah memperoleh imunisasi terkadang mengalami demam, ini memberikan bukti bahwa sistem kekebalan tubuh bayi bekerja dengan baik.

Demam bayi anda dapat juga disebabkan oleh aktivitas atau gerak berlebihan di luar ruangan saat cuaca panas, dan dapat pula terjadi manakala anda memakaikan baju pada bayi anda yang terlalu tebal.

Selama bayi anda masih aktif bergerak dan masih mau minum, maka kekhawatiran akan demam bayi anda tidak perlu terjadi

Manakala bayi mengalami demam dan disertai dengan tanda-tanda: tidak nafsu makan terlihat kurang minum (mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya), terlihat lesu dan tidak bersemangat saat diajak bermain.

Kemudian tidak responsif, rewel saat akan tidur, memiliki ruam, diare dan muntah sesak napas, bahkan kejang. Segera bawalah bayi anda ke dokter.

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved