40 Hotel di Semarang Raya Ikuti Workshop Google My Business for Hotel Class 101

Sebanyak 40 hotel di Semarang Raya mengikuti workshop Google My Business for Hotel Class 101.

40 Hotel di Semarang Raya Ikuti Workshop Google My Business for Hotel Class 101
TRIBUN JATENG/SAIFUL MA'SUM
Peserta workshop Google My Business for Hotel Class 101 pose bersama seusai acara di Hotel Chanti 

 
Laporan Wartawan Tribun Jateng, Saiful Ma'sum

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Semarang Hotel Reservation and E-commerce Community (SHREC) menyelenggarakan workshop 'Google My Business for Hotel Class 101' di Hotel Chanti Semarang, Sabtu (1/12/2018).

Pelatihan ini diikuti wakil dari40 hotel se-Semarang dan sekitarnya.

Ada juga beberapa perwakilan hotel dari kota lain seperti Solo, Pekalongan.

Dengan mayoritas bergerak dalam bidang e-commerce, tidak kurang 80 orang memadati ruang workshop sejak pukul 10.00-16.00 WIB.

Ketua SHREC Messach S. Kandou mengatakan, tujuan workshop untuk memaksimalkan penggunaan Google My Business bagi pelaku usaha di bidang perhotelan.

"Contohnya ini, bagaimana sebuah hotel bisa meningkatkan tingkat hunian dengan promosi di Google My Business," terangnya.

Komunitas yang terbentuk sejak September kemarin tersebut, lanjut Messach, mendatangkan pihak Gapura Digital dan Tiket.com.

Mereka berbagi pengetahuan dalam meningkatkan kemampuan pegawai hotel yang bertugas di bagian reservasi dan e-commerce.

"Jumlah hotel di Semarang dan sekitarnya semakin banyak, tentu persaingan juga semakin ketat. Oleh karena itu, kemampuan pegawai hotel harus di-update mengikuti perkembangan teknologi pemasaran. Khususnya segala sesuatu yang terkait dengan pemesanan melalui online," imbuh Messach.

Project Manager Gapura Digital Semarang Rizqi Mulyantara mengatakan, pihaknya berusaha membantu para pelaku bisnis perhotelan dalam memanfaatkan dan mengaplikasikan fasilitas Google My Business.

"Ada 3 poin yang didapatkan pelaku usaha melalui Google My Business. Bagaimana pelanggan mencari bisnis Anda, di mana pelanggan melihat informasi bisnis Anda, dan tindakan apa yang dilakukan pelanggan dengan info bisnis Anda," terangnya kepada Tribunjateng.com.

"Selain itu, Google My Business tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam mempromosikan hotel saja, melainkan semua bisnis yang ada di dalamnya, hingga ke restonya," lanjut dia.

Sebagai salah satu Online Travel Agent (OTA) di Indonesia,Market Manager Central Java Tiket.com Wahyudi Sulistyo menambahkan, Tiket.com menyediakan fasilitas booking serta pembelian tiket secara online dalam beberapa hal, satu di antaranya perhotelan.

"Kami coba membantu semaksimal mungkin sebagai bentuk pelayanan mudah dan terbaik kepada masyarakat," jelas Wahyudi.  (*)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved