Warga Kota Semarang Diimbau Waspada Demam Berdarah Memasuki Musim Penghujan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang imbau warga antisipasi merebaknya penyakit demam berdarah (DB) memasuki musim penghujan ini.

Warga Kota Semarang Diimbau Waspada Demam Berdarah Memasuki Musim Penghujan
IST
DB- Ilustrasi gejala demam berdarah. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang mengantisipasi merebaknya penyakit demam berdarah (DB) memasuki musim penghujan ini.

Meski ada penurunan jumlah kasus tiap tahunnya, demam berdarah selalu menjadi ancaman warga ketika musim penghujan.

Kepala Dinkes Kota Semarang, Widoyono mengatakan, penyakit yang disebabkan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti selalu menjadi musuh bebuyutan saat musim hujan. Untuk itu, ia warga untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Menghadapi musim hujan, musuh bebuyutan kami masih demam berdarah. Kami mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk," katanya, Minggu (2/12/2018).

Menurutnya, pemberantasan tersebut dilakukan di antaranya dengan menguras bak mandi dan tempat-tempat yang ada airnya.

Karena saat musim hujan banyak genangan air, sehingga banyak sebaran nyamuk karena tempat berkembang biak yang juga makin banyak.

Dari datanya, jumlah kasus DB di Kota Semarang mengalami penurunan tiap tahunnya. Sejak Januari-November 2018 ini, baru ada 8 kasus. Jumlah tersebut turun drastis dari tahun-tahun sebelumnya yang angkanya ratusan bahkan ribuan kasus.

Meski demikian, pihaknya tetap terus melakukan antisipasi dengan aktif melaksanakan kampanye pemberantasan sarang nyamuk ke masyarakat melalui petugas surveilen di tingkat Kelurahan.

"Saat ini yang jadi perhatian malah kasus TBC, HIV/Aids, dan angka kematian ibu. Tiga masalah ini menjadi perhatian utama kami. Apalagi HIV/Aids, kasusnya mirip gunung es. Yang kelihatan merupakan permukaan saja. Karena banyak pengidap yang malu atau takut memeriksakan diri ke rumah sakit," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved