Ikuti Indonesia Expo 2018 di Jeddah Arab Saudi, Dinkop Jateng Lampui Target MOU

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng berhasil menandatangani tiga MOU dengan sejumlah pihak di dalam even Indonesia Expo di Jeddah, Arab Saudi

Ikuti Indonesia Expo 2018 di Jeddah Arab Saudi, Dinkop Jateng Lampui Target MOU
Istimewa
Penandatanganan MOU di sela kegiatan pada event Indonesia Expo 2018, berlokasi di Jeddah Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Desta Leila Kartika

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, belum lama ini mengadakan kegiatan Indonesia Expo di Jeddah, Arab Saudi, pada 28 November sampai 1 Desember 2018.

Dari event Indonesia Expo ini, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jateng berhasil menandatangani beberapa LOI (Letter of intent, letter of interest), yang saat itu membawa dua UKM, yaitu PT Yuasa Food dari Wonosobo yang berfokus pada food and beverage.

Produknya berupa jengkol kaleng, pete kaleng, bumbu botok kaleng, gori kaleng, kripik nangka kaleng, salak kaleng, dan masih banyak lagi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ema Rahmawati menuturkan, selain PT Yuasa masih ada lagi yaitu Nuanza Porcelain berasal dari Boyolali yang mengembangkan produk keramik.

"Target awal kami 2 MOU ternyata bisa melampaui target menjadi 3 MOU dan 2 kesepahaman yang akan segera di tuangkan dalam MOU di Indonesia," tutur Ema Rachmawati, pada Tribunjateng.com, Selasa (4/12/2018).

Adapun rinciannya adalah PT Yuasa sebanyak 2 MOU dari PT PMA dan IRGY, lalu Nuanza Porcelain ada 1 MOU dari PT SAS group.

Ema menjelaskan, untuk PT Yuasa Food menandatangi MOU dengan PT PMA Jerman kurang lebih sebesar Rp 22 miliar sampai Rp 25 miliar, untuk produk keripik buah organik sebanyak 22 kontainer.

Sedangkan Nuanza Porcelain melakukan MOU dengan PT. SAS group dari Arab Saudi senilai Rp 2 miliar untuk produk tile (ubin).

"Ada juga yang sudah sepakat tapi belum MOU seperti PT 30 days group investasi Rp 2 miliar ke PT Yuasa. Setelah itu MR Abdurrahman sebagai kontraktor sekaligus pemilik beberapa hotel di Saudi Arabia, akan order gift pada Nuanza Porcelain semua seasion untuk pemasaran wilayah Saudi Arabia dan sekitarnya," jelas dia.

Menurut Ema, Sample produk harus siap pada pertengahan Januari 2019 dan setelah sample di setujui baru akan di tentukan jumlah ordernya.

Produk Nuanza memiliki potensi besar untuk dipasarkan di Timur Tengah, karena produk nya unik dan belum pernah ada sebelumnya.

"Kami juga ada MOU dengan persatuan pegawai di Arab Saudi, Jeddah, Mekah dan Madinah bidang kesehatan, yang menginfestasikan dana nya untuk pengembangan usaha di Yuasa food, dengan nilai investasi kurang lebih Rp 10 miliar," ujarnya.(*)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved