Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Sebut Penanganan Banjir Perlu Terintegrasi

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono, menilai penanganan banjir yang terjadi di Kota Semarang beberapa hari terakhir ini

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Sebut Penanganan Banjir Perlu Terintegrasi
Tribun Jateng/ bare kingkin kinamu
Polsek Genuk saat bantu jalannya arus lalin di bawah Jembatan Kaligawe yang terendam banjir, Selasa (4/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono, menilai penanganan banjir yang terjadi di Kota Semarang beberapa hari terakhir ini, tidak akan selesai jika hanya dilakukan perbaikan saluran drainase saja.

Menurutnya, drainase hanya mengatasi banjir sesaat.

Saat ini, diakuinya, perbaikan drainase di beberapa ruas jalan di antaranya kawasan Simpanglima Semarang telah dilakukan Pemkot.

Hanya saja perlu penanganan yang terintegrasi lainnya di antaranya mengenai ruang terbuka hijau yang baik.

"Penanganan drainase memang sudah berjalan. Tapi penanganan banjir harus dilakukan terintegrasi dengan ruang terbuka hijau yang cukup baik yaitu dengan pengendalian perizinan," kata Agung, Rabu (5/12/2018).

Ia melihat, perizinan di beberapa lokasi tidak terpantau apakah sesuai dokumen perizinan dan rencana tata ruang dan rencana wilayah (RTRW). Padahal faktanya banyak yang tidak sesuai.

Di samping itu, harus dipastikan juga prosentase drainase di tiap lokasi karena banyak yang tidak proporsional.

Ia mencontohkan ada satu perumahan yang prosentase drainasenya 80:20 dan 60:40 saja. Sehingga pembuangan air hujan tidak berjalan lancar.

"Drainase tidak hanya berfungsi mengantarkan air hujan ke muara tapi juga meresap ke tanah. Jadi tidak hanya membuang air sebesar-besarnya. Di samping itu, Pemkot harus juga membuat embung sebagaimana diatur dalam Perda," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved