Bahaya Tren Makanan Junk Food di Kalangan Remaja yang Kian Menjamur

Sudah menjadi hal yang wajar jika remaja masa kini lebih memilih junk food sebagai menu favorit harian mereka

Bahaya Tren Makanan Junk Food di Kalangan Remaja yang Kian Menjamur
Istimewa
Ilustrasi Junk Food 

Oleh : I’ien Noer’aini

Dosen Stikes Telogorejo Semarang

TRIBUNJATENG.COM - Sudah menjadi hal yang wajar jika remaja masa kini lebih memilih junk food sebagai menu favorit harian mereka.

Alasan remaja lebih memilih menu junk food  selain karena mudah ditemukan dan cepat saji, junk food juga dianggap sebagai makanan ‘kekinian’ yang dianggap dapat meningkatkan gengsi mereka.

Apalagi di era seperti sekarang, dengan selfi atau berswafoto bersama menu junk food yang lagi viral, remaja merasa bangga memamerkan makanannya di sosial media dan berharap mendapatkan like dan komentar yang banyak.

Hampir semua orang termasuk para remaja sudah mengetahui makanan apa saja yang termasuk dalam kategori junk food.

Secara pasti, ada sepuluh jenis makanan yang dicap junk food oleh WHO (World Health Organization) diantaranya gorengan, fast food, jeroan dan daging berlemak, asinan, daging olahan, makanan yang dipangang, sajian manis beku, manisan kering, makanan kaleng, dan semua olahan keju.

Meskipun para remaja  tahu, namun kenyataannya menu-menu tersebut tetap diminati dan hampir setiap hari mereka konsumsi.

Sadar atau tidak, sebenarnya para remaja mungkin sudah tau dampak dan bahaya dari junk food yang mereka konsumsi, namun mereka mengabaikannya. Dilihat dari namanya saja kita sudah tahu bahwa  junk food  berarti makanan yang tidak sehat (makanan sampah).

Dr. Oetoro, seorang dokter spesialis gizi mengatakan bahwa junk food mengandung jumlah lemak yang besar, rendah serat, banyak mengandung garam, gula, zat aditif dan kalori tinggi tetapi rendah nutrisi, rendah vitamin, dan rendah mineral” sehingga dapat memicu segala macam penyakit berbahaya seperti obesitas, jantung dan kanker.

Halaman
123
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved