Pendidikan Karakter Ala Anak Pramuka di Banyumas, Galang Dana untuk Bantu Sesama

Pendidikan karakter diimplementasikan dalam beragam cara demi tercapai tujuannya

Pendidikan Karakter Ala Anak Pramuka di Banyumas, Galang Dana untuk Bantu Sesama
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Pramuka SMA N Baturraden bagikan paket sembako kepada warga yang membutuhkan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Pendidikan karakter diimplementasikan dalam beragam cara demi tercapai tujuannya.

Seperti dilakukan Dewan Ambalan Gatot Subroto Cut Mutia Pangkalan SMA Negeri Baturraden Kabupaten Banyumas baru-baru ini, Rabu (5/12).

Mereka menggelar bakti sosial (baksos) dengan membagikan paket sembako ke masyarakat sekitar sekolah dan pondok pesantren. Paket yang dibagikan berisi berbagai macam kebutuhan pokok semisal beras, mie instan, minyak, dan gula pasir.

Para anggota pramuka yang sebagian pelajar ini diajak iuran untuk membeli paket tersebut, sebelum dibagi kepada masyarakat sekitar sekolah, pondok pesantren dan panti asuhan secara bergiliran.

Penggalangan dana untuk bantuan sosial ini sekaligus cara untuk memupuk kepekaan dan kepedulian sosial anggota pramuka. Dari situ, karakter mereka terbentuk. Mereka belajar, ada banyak masyarakat di luar sana yang mesti diperharikan dan butuh uluran tangan.

Ketua Gugus Depan Maryati mengatakan pembagian sembako merupakan kegiatan rutin tahunan.

“Seizin Kepala Sekolah selaku Mabigus Kak Isbandiah, kami pembina mengajak anggota pramuka untuk mengumpulkan sembako. Hal ini untuk menumbuhkan kepedulian sosial, mengingat masih ada saudara yang membutuhkan," katanya

Menurut Maryati, kegiatan ini bagian dari cara mengajarkan pendidikan karakter, tingkah laku mulia, dan menerapkan tri satya dan dasa dharma pramuka.

Pradana Ambalan Cut Mutia, Ika Cahyanti mengatakan, tahun ini pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak 90 paket sembako yang berisi beras, mie instan, minyak dan gula pasir. Paket tersebut didistribusikan kepada warga sekitar sekolah 15 paket, Pondok Pesantren Al Wasiah Mersi Purwokerto Timur sebanyak 45 paket dan Pondok Assalafiyah Karangwangkal Purwokerto Utara sebanyak 30 paket.

"Mungkin baksos ini tidaklah banyak, tetapi ini wujud kepedulian kami untuk membantu sesama, sekaligus tali silaturahmi Pramuka SMA Negeri Baturraden dengan masyarakat," kata Ika. (*)

Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved